Di Hadapan Prabowo, AHY Cerita Demokrat Kehilangan Kursi di DPR Gegara Marak Politik Uang

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Sumber :
  • Akun X @AgusYudhoyono

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan partainya mengalami kenaikan suara secara nasional pada Pileg 2024. Namun, meski mengalami kenaikan, Demokrat justru kehilangan sejumlah kursi di DPR RI.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Hal itu disampaikan AHY dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama Presiden RI terpilih Prabowo Subianto di St Regis, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Maret 2024.

"Meski Partai Demokrat mengalami kenaikan suara secara nasional, tapi kami kehilangan sejumlah kursi di DPR RI," kata AHY dalam sambutannya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Capres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di St Regis Hotel, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Maret 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

AHY mengungkap, politik uang atau vote buying menjadi salah satu penyebab Partai Demokrat kehilangan kursi di DPR RI.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Salah satu faktor utama yang paling signifikan yang jadi penyebab hilangnya kursi kami adalah maraknya vote buying atau politik uang," ujar AHY.

Hilangnya kursi Partai Demokrat itupun diceritakan AHY kepada Prabowo. Kata dia, Prabowo punya concern yang sama dengan Demokrat.

Dia menyebut Prabowo memberikan respons baik bahkan memiliki tekad untuk memperbaiki sistem pemilu di Indonesia.

"Tapi saya begitu lega ketika mendengar respons Pak Prabowo secara langsung bahwa bapak memiliki concern yang sama. Bahkan Pak Prabowo bertekad serius melakukan perbaikan sistem pemilu kita ke depan," kata AHY.

AHY dalam kesempatan itu mengaku diminta Prabowo untuk menyiapkan kader terbaiknya jadi menteri di kabinet pemerintahan periode 2024-2029.

“Bapak (Prabowo) juga sudah memerintahkan kepada saya untuk menyiapkan sejumlah kader terbaik Partai Demokrat, yang akan membantu Bapak (Prabowo) di kabinet dan pemerintahan mendatang,” ujar AHY.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya