Hasto PDIP Dikritik Eks Aktivis 98 Gegara Ibaratkan Gibran dengan Sopir Truk

Sekjen PDIP sekaigus Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Baru-baru ini, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melontarkan pernyataan yang kontroversial. Hasto mengibaratkan Gibran Rakabuming Raka yang maju cawapres, dengan sopir truk yang mengalami kecelakaan di Gerbang Tol Halim.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Hal tersebut kemudian menuai respons keras dari para pendukung Gibran, salah satunya dari organisasi relawan Rampai Nusantara. Ketua Umum Rampai Nusantara, Mardiansyah Semar, menduga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sedang stres berat karena Capres-Cawapresnya yang diusung partainya kalah di Pilpres 2024.

Eks Aktivis 98 sekaligus Ketua Umum Rampai Nusantara, Mardiansyah (Tengah)

Photo :
  • Dok. Istimewa
Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Semar menilai selain Hasto sedang stress berat tapi juga bingung dan panik lantaran posisinya menjadi pejabat partai terancam digantikan oleh kader lain. Karena posisinya di partai semakin hari semakin melemah ditambah lagi yang bersangkutan sering blunder dalam mengeluarkan pernyataan.

Menurut Semar, banyak pernyataan Hasto yang justru merugikan partai. Sehingga menurutnya, jika nanti Puan Maharani yang akan menjadi Ketua Umum PDIP, maka hasto tidak akan ditunjuk lagi sebagai pengurus partai.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Hasto stres dan panik juga karena kemungkinan besar akan jadi gelandangan politik, tidak lagi berkuasa dan sepertinya tidak akan menjadi sekjen partai lagi di kepengurusan partai PDIP akan datang," kata Semar, dalam keterangannya, Senin, 1 April 2024.

Lebih lanjut, pernyataan Hasto yang terus menyerang Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres terpilih juga tidak mencerminkan dirinya yang saat ini menjadi sekjen salah satu partai besar di Indonesia. 

"Pernyataan-pernyataanya kok sampah dan tidak bermartabat sama sekali, sangat tidak mencerminkan bahwa dia petinggi partai politik, semoga Bu Mega juga mengontrol yang bersangkutan agar lebih terdidik dan bermartabat karena dampaknya buruk terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara," tambah Semar yang juga aktivis 98. 

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Lebih baik hasto fokus saja terhadap dugaan kasus korupsi yang menderanya selama ini belum tuntas karena itu Semar juga meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menangkap Harun Masiku yang hingga saat ini masih buron. 

"Kami mendorong KPK segera menemukan Harun Masiku dan jika bukti sudah cukup, segera tuntaskan dan jangan ragu atau takut untuk menangkap Hasto yang diduga kuat terlibat dalam kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) Anggota DPR RI periode 2019-2024 Harun Masiku tersebut," pungkas Semar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya