MK Lanjutkan Sidang Sengketa Pilpres 2024 Hari Ini, Empat Menteri Jokowi Bakal Hadir

Sidang lanjutan perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) akan melanjutkan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres Jumat hari ini, 5 April 2024. Sidang kali ini beragendakan pemeriksaan empat menteri Kabinet Indonesia Maju sebagai saksi.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Sidang dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB. Empat menteri yang dipanggil MK adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinatoor bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Selain empat menteri, MK dijadwalkan akan meminta keterangan pihak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Agenda persidangan untuk mendengar keterangan-keterangan dari para menteri yang sudah kita agendakan, termasuk dari DKPP," kata Ketua MK Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis, 4 April 2024.

Meski beragendakan mendengar keterangan keempat menteri dan DKPP, Suhartoyo tetap meminta pihak pemohon yakni kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD serta pihak terkait yaitu KPU, Bawaslu dan kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hadir dalam sidang.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024 di MK.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Suhartoyo lantas mengingatkan, dalam sidang kali ini hanya hakim yang boleh mengajukan pertanyaan kepada para menteri dan DKPP.

"Tetap komitmennya tidak boleh mengajukan pertanyaan. Dan, itu hanya untuk para hakim yang akan mengajukan pendalaman," jelasnya.

4 Menteri Konfirmasi Hadir

Sebelumnya, Juru bicara MK Fajar Laksono menyampaika empat menteri Kabinet Presiden Jokowi akan hadir memenuhi panggilan majelis hakim untuk hadir dalam sidang sengketa Pilpres 2024 pada Jumat, 5 April 2024.

"Insya Allah semua hadir," kata Fajar saat dihubungi, Kamis, 4 April 2024.

Fajar menuturkan, empat menteri tersebut juga sudah memberikan surat balasan konfirmasi kehadiran. Artinya, diyakini tidak ada yang mangkir untuk dimintai keterangan.

Presiden Jokowi juga sempat menanggapi rencana pemanggilan empat menteri di kabinet pemerintahnnya sebagai saksi oleh MK. Eks Wali Kota Solo itu memastikan empat menteri bakal datang beri kesaksian ke MK.

“Iya semuanya akan hadir karena diundang oleh MK, semuanya akan hadir hari Jumat,” kata Jokowi di Halim Perdanakusuma pada Rabu, 3 April 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya