Koreksi Pernyataan Mochtar Ngabalin, Moeldoko Sebut Transisi Pemerintahan Belum Terlihat

Ketua Umum Periklindo, Moeldoko berkunjung ke ajang IIMS 2024
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai proses transisi pemerintahan belum terlihat pasca pemilihan umum (pemilu) yang diselenggarakan serentak di Indonesia pada 14 Februari 2014.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

“Ya menurut saya transisi belum berjalan, dalam arti memang belum ada ya. Mungkin (baru sebatas pembicaraan) informal ya dari masing-masing kandidat presiden,” kata Moeldoko dalam buka puasa bersama wartawan di Jakarta, Kamis malam, 4 April 2024.

Meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024, ujar Moeldoko, masih ada proses sidang sengketa pemilu yang masih berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK) yang harus dihormati oleh semua pihak.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

“Sehingga, seperti kantor kami di KSP belum berbicara mengenai transisi,” tutur dia.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Menurut Moeldoko, transisi pemerintahan dari kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke pemerintahan berikutnya baru akan lebih jelas setelah MK memutus perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 pada 22 April mendatang.

Ketika ditanya seberapa besar kemungkinan kontribusi Presiden Jokowi pada pemerintahan yang akan datang, Moeldoko pun tidak bisa memberikan jawaban gamblang.

Ora isa njawab aku, durung ketok kok (Tidak bisa menjawab saya, kan belum kelihatan). Tetapi yang jelas semua otoritasnya akan ada pada presiden terpilih. Dan saya rasa Pak Presiden Jokowi sangat menghormati situasi tersebut,” ujarnya.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin mengatakan bahwa tim transisi pemerintahan akan dibentuk dan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Ngabalin menegaskan bahwa tim transisi dari pemerintahan Presiden Jokowi menuju pasangan terpilih Prabowo-Gibran akan dibentuk, meskipun ia tidak merinci waktu yang pasti.

Kewenangan dari tim transisi itu juga menjadi hak istimewa atau prerogratif Presiden.

Ngabalin meyakini bahwa proses transisi pemerintahan pada Oktober 2024 mendatang berjalan mulus dan cepat.

"Saya yakin pasti akan baik mulus dan dalam waktu yang sangat cepat," kata dia pada Senin.

Sementara itu, presiden terpilih RI Prabowo Subianto saat berpidato di hadapan investor dan bankir di Jakarta pada awal Maret, meyakini transisi pemerintahan pada Oktober 2024 bakal berlangsung lancar.

Alasannya, Prabowo menyebut karena dia dan Koalisi Indonesia Maju merupakan bagian dari “Tim Presiden Joko Widodo”.

"Insyaallah, saya akan dilantik pada 20 Oktober, dan saya pikir transisi (pemerintahan baru) akan sangat lancar, karena sebagaimana kalian tahu, dari tiga pasang kandidat, tim saya secara terbuka mengakui kami bagian dari tim Presiden Jokowi. Kami tidak malu mengakui itu," kata Prabowo saat berpidato dalam acara Mandiri Investment Forum 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya