PDIP Umumkan Pernyataan Politik Sikapi Dinamika Nasional dan Internasional dalam Rakernas

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA/ Zendy Pradana

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan sejumlah hal penting tentang agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP, salah satunya isu strategis pemenangan Pilkada 2024.

Kata Pimpinan KPK soal Anak Buah Hasto PDIP Laporkan Penyidik ke Komnas HAM

Hasto mengungkapkan Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo yang juga Ketua Steering Commitee menggarisbawahi pentingnya tema sentral tersebut dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk isu kegelapan kekuasaan dan kematian demokrasi.

Rakernas akan diawali dengan prosesi menggelorakan semangat juang melalui "Api Perjuangan nan Tak Kunjung Padam," yang dimulai pada Jumat, 17 Mei 2024, dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. Api perjuangan menempuh perjalanan melintasi 20 kabupaten/kota dengan jarak total 526 km dan akan tiba di Jakarta pada Kamis, 22 Mei 2024.

Bakal Tangkap Harun Masiku Dalam Waktu Satu Pekan, Wakil Ketua KPK Alex Marwata Beri Penjelasan

Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Esok harinya, pukul 15.30 WIB, obor kebenaran akan dibawa ke tempat Rakernas di Beach International Stadium Ancol oleh para pelari maraton, termasuk Hasto Kristiyanto, serta anak-anak muda dari PDIP.

Alex Marwata Pastikan KPK Masih Berupaya Cari Harun Masiku

“Secara teknis dan juga secara substansi dari seluruh materi-materi yang dibahas sudah diselesaikan oleh Steering Committee (SC),” kata Hasto di kantor pusat PDIP, Jakarta, Rabu, 22 Mei 2024.

Ia menegaskan Rakernas diikuti oleh 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent.

“Agenda utama di dalam pembukaan Rakernas itu adalah menerima obor api perjuangan nan tak kunjung padam. Kemudian pidato politik dari Ketua Umum PDI Perjuangan Prof. Dr. Megawati Soekarnoputri,” ujarnya.

Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Rakernas V juga menjadi momentum untuk mengevaluasi hasil Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2024 serta merumuskan sikap politik partai terkait konsolidasi menghadapi Pilkada serentak, dinamika politik nasional, dan internasional, serta isu-isu pokok rakyat. Selain itu, Rakernas akan membahas strategi pemenangan Pilkada Serentak pada November 2024.

“Di mana SC telah melakukan pembahasan secara intens untuk merumuskan sikap-sikap politik partai berkait dengan konsolidasi partai di dalam menghadapi Pilkada Serentak, sikap politik terkait dengan situasi dan dinamika politik nasional dan internasional, sikap politik terhadap berbagai persoalan pokok rakyat yang, jelas, direspon oleh PDI Perjuangan, dan juga akan disampaikan sikap politik yang berkaitan dengan tantangan-tantangan demokrasi yang akan datang,” ujarnya.

Sebagai partai yang mengembangkan demokrasi yang berkarakter Indonesia, Rakernas juga akan juga mendengarkan suara arus bawah yang disampaikan oleh DPC, DPD Partai, termasuk bagaimana dalam menyikapi pemerintahan baru.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat mengunjung pameran Butet

Photo :
  • VIVA/Ilham

“Tentunya harus dilakukan dengan mendengarkan seluruh elemen-elemen partai yang hadir di dalam Rapat Kerja Nasional kelima tersebut,” kata Hasto. 

Hasto menambahkan bahwa pada Kamis, 23 Mei, partai juga akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi seluruh anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai prakondisi pelaksanaan Rakernas V. 

“Mengingat seluruh komponen dari legislatif partai saat ini juga harus berjuang bagaimana menjadikan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan di dalam menjawab berbagai persoalan pokok rakyat khususnya di bidang perekonomian,” kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya