Jelang Pilkada 2024, Ipang Wahid: Para Calon Kepala Daerah Harus Berpikir Out of The Box

Pakar Komunikasi Politik, Irfan Asy'ari Sudirman Wahid alias Ipang Wahid
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Pakar Komunikasi Politik dan Branding, Irfan Asy’ari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid memberikan tips kepada para tokoh yang ingin menjadi kontestan dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Serentak pada November 2024. Menurut dia, para bakal calon kepala daerah harus memperkaya kreatifitas untuk memperkenalkan dirinya.

Ketua DPW PKB Sebut Banyak Warga Komplain Setelah Jakarta Ditinggal Anies

“Untuk yang mau maju Pilkada, jangan lupa untuk selalu kreatif! Branding politik juga butuh resep khusus lho,” kata Ipang Wahid melalui keterangannya pada Rabu, 22 Mei 2024.

Pakar Komunikasi Politik Ipang Wahid Stratejik (IPWS), Ipang Wahid.

Photo :
  • istimewa
Jelang Pilkada 2024, PKS Pastikan Usung Calon yang Punya Integritas dan Rekam Jejak Positif

Ipang Wahid yang dikenal sebagai ‘perception engineer’ ini mengatakan, bahwa kreatifitas merupakan elemen kunci dalam setiap kampanye branding yang sukses. Maka dari itu, ia mendorong para peserta bakal calon kepala daerah harus berpikir di luar kotak dan tidak takut untuk bereksplorasi.

“Kreatifitas tidak memiliki batas. Jangan pernah membatasi diri Anda dengan pemikiran sempit. Semua orang bisa menjadi kreatif, bisa menjadi content creator, dan bisa berpikir out of the box,” jelas dia.

Soal Pilkada Jakarta, Gerindra Sebut Rakyat Ingin Sosok Baru, Bukan Anies-Ahok

Menurut dia, kreatifitas itu bukan hanya milik seniman saja, tapi semua orang menyimpan hal tersebut. Oleh karenanya, Ipang Wahid mengatakan semua orang termasuk para bakal calon kepala daerah untuk terus melakukan eksplorasi dan tidak pernah menyerah meskipun hasil awal mungkin belum sesuai harapan.

"Jangan pernah menstigma diri kita bahwa kita tidak kreatif. Selalu lihat dari perspektif dan angle berbeda. Kalau jatuh, bangun lagi, jatuh bangun lagi," imbuhnya.

Diketahui, Ipang Wahid hampir 30 tahun bergelut di bidang industri iklan dan komunikasi. Sejumlah iklan legendaris di statiun televisi swasta pun pernah dikerjakannya. Selain itu, Ipang Wahid juga mengeksplorasi kreatifitasnya tanpa batas menciptakan kampanye yang tidak hanya menarik perhatian, tapi juga meninggalkan kesan mendalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya