Elite Golkar Mesra dengan Gerindra, Sinyal PKS Ditinggal Sendirian di Pilkada Depok?

Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kanan) dan Imam Budi Hartono di Depok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Depok – Kekuatan partai yang menginisiasi poros Koalisi Sama Sama untuk menghadapi Plkada Depok 2024 diprediksi makin besar. Sinyal itu diperlihatkan dengan manuver elite Partai Golkar Depok yang kemungkinan gabung lantaran hadir makan malam bersama dalam Rakorcab Partai Gerindra.

Ini 8 Timses Prabowo-Gibran yang Diangkat jadi Komisaris BUMN

Dua pengurus Golkar Depok itu adalah Tajudin Tabri bersama Dindin, selaku sekretaris DPC partai tersebut. Padahal, elite Golkar sudah menggaungkan koalisi dengan PKS di Pilkada Depok.

Terkait itu, Sekretaris DPC Gerindra Depok Hamzah mengatakan, saat ini masih dilakukan diskusi dengan Golkar. Diharapkan segera ada kepastian dan titik terang terkait posisi Golkar.

Soroti Wacana Duet Anies-Kaesang di Jakarta, Elite PDIP: Tak Usah Ulangi Tragedi di Pilpres

“Insya Allah kita akan ada kekuatan baru di Koalisi Sama Sama. Mudah-mudahan berdoa ada di acara Rakorcab partai Gerindra semua partai Koalisi Sama Sama hadir, ditambah lagi kehadiran dari Golkar," kata Hamzah, Kamis, 23 Mei 2024.

Dia menaruh harapan Golkar gabung dalam poros koalisi Sama Sama. Ia menyebut nanti partai lain yang berpotensi gabung adalah PSI dan Nasdem. Jika benar seperti itu, kekuatan Koalisi Sama Sama semakin besar dan bisa mengeroyok PKS di Pilkada Depok 2024.

Gerindra soal Duet Anies-Kaesang di Pilgub Jakarta: Mungkin-mungkin Saja

“Kita menerima kalau Golkar, karena dari awal pertama kali pertemuan kan itu dunia Golkar untuk polisi besar, Insya Allah PSI dan Nasdem ikut dengan kita,” ujarnya.

Ketua Dewan Pembina DPC Gerindra Depok, Nuroji

Photo :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

Hamzah yakin dengan bergabungnya tiga partai tersebut akan menambah kekuatan. Dia optimis dengan kekuatan 9 parpol akan memenangkan Pilkada Depok dan menggusur dominasi PKS.

“Iya, jadi hampir sembilan partai politik. Insya Allah akan menang, pasti menang, yakin, doain aja ya,” tuturnya.

Dijelaskan dia, dalam Rakorcab Gerindra, semua pengurus sepakat mengusung Supian Suri alias SS untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Depok.

“Dalam rapat hasil pleno DPC Partai Gerindra tadi, Seluruh pengurus DPC, PAC dan sayap-sayap Partai Gerindra semua sepakat mengusung Pak SS,” katanya.

Sementara, Ketua Dewan Pembina DPC Gerindra Depok Nuroji menuturkan berpindahnya Golkar dari PKS ke koalisi Sama Sama merupakan dinamika politik. Hal itu pun dimaklumi karena belum resmi mendaftar ke KPU “Kalau di sana belum pasti dan di sini masih terbuka, ya semua bisa terjadi,” katanya.

Dengan adanya pertemuan Koalisi Sama Sama dengan pengurus Golkar, Nuroji menilai ada kemungkinan untuk bergabung. “Mudah-mudahan besok atau nanti malam sudah ada keputusan,” ujarnya.

Sebelumnya, enam partai serius membangun koalisi untuk menghadapi Pilkada Depok 2024. Enam parpol itu Gerindra, PDIP, PKB, PPP, Partai Demokrat dan PAN. yang sepakat menginisiasi Koalisi Sama-Sama. Poros koalisi itu disiapkan untuk menggusur dominasi PKS yang selama ini memenangkan Pilkada Depok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya