Said PDIP Sebut Arus Bawah Masih Mau Megawati jadi Ketua Umum

Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri ditemani Puan Maharani saat menyalakan obor di Rakernas V
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menyampaikan kecil kemungkinan adanya pergantian Ketua Umum Megawati Soekarnoputri pada Kongres pada April 2025 mendatang. Menurut Said, sampai saat ini arus bawah di PDIP masih menginginkan Megawati sebagai ketua umum.

Jusuf Kalla Persilakan Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta 2024

Dia mengatakan sulit untuk PDIP jika melakukan estafet kepemimpinan dalam waktu dekat.

"Kalau membaca arus bawah, kita tahu bersama akan kesulitan PDIP untuk ada estafet dalam waktu dekat, akan ada kesulitan. Kesulitannya apa? Karena begitu bicara PDIP itu sama dengan Megawati Soekarnoputri. Itu fakta, siapapun tidak bisa dihindarkan," kata Said dalam Rakernas PDIP ke-V di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 25 Mei 2024.

Sepakat dengan Eks Wakapolri, Ray Rangkuti Sebut KPK Lecehkan Sekjen PDIP Hasto

Meski demikian, Said mengatakan pemimpin PDIP kemungkinan tidak berganti. Ia memastikan regenerasi di partai banteng mulai dari level ranting, DPC, DPD, hingga DPP akan terus terjadi.

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah

Photo :
  • ANTARA
Penyitaan Barang Milik Hasto dan Stafnya Dinilai Salahi Prosedur, Penyidik KPK Disebut Ugal-ugalan

Di sisi lain, Said menyebut kelakar Megawati yang meminta pergantian posisi dengan Puan Maharani dalam pidato pembukaan Rakernas V, itu tak bisa jadi tolak ukur. Sebab, menurut dia, Megawati pasti akan menyerap aspirasi dari arus bawah untuk menentukan penggantinya.

"Bahwa Ibu Ketum dalam pembukaan kemarin (bilang) Mbak Puan jadi Ketum, gantian Ibu Ketum yang ke luar negeri, itu kan lepasan-lepasan (candaan) dari Bu Ketum," ujar Said.

Said bilang omongan Megawati tak bisa langsung otomatis penggantinya adalah Puan Maharani sebagai Ketum PDIP.

"Tidak bisa kita tangkap langsung bahwa nanti penggantinya Puan. Itu bukan sikap Ketua Umum, karena biasanya setiap hal-hal strategis menyangkut internal partai Ibu Ketum meletakkannya dalam forum kongres partai," tuturnya.

Sebelumnya, Megawati menyampaikan pidato politiknya pada pembukaan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 24 Mei 2024.

Megawati sempat berkelakar dalam pidato politiknya. Momen itu terjadi saat ia menyapa beberapa tamu undangan yang hadir termasuk Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR RI, Puan Maharani.

"Mba Puan sebagai ketua DPR keluar negeri terus, itu kerja loh, bukan jadi turis," kata Megawati dalam pidato politiknya.

Megawati saat itu berkelakar dan sempat mengatakan kepada Puan untuk berganti posisi, karena Ketua DPR RI terlalu sering ke luar negeri.

"Gantian deh sama saya, saya yang jadi Ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum," tutur Megawati.

Rakernas V PDIP digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

Adapun Rakernas kali ini mengusung tema “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya