Imbauan Moral Ketua MK untuk Legislator Kaya

Mahfud MD Kembali Terpilih Sebagai Ketua MK
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyampaikan imbauan moral kepada anggota DPR yang memiliki gaya hidup mewah.

"Banyak terjadi cara hidup yang tidak pantas di tengah rakyat yang mau cari makan saja masih susah," kata Mahfud MD usai seminar nasional bertajuk 'Reformasi Hukum Nasional Solusi Mengatasi Permasalahan Bangsa' di Jakarta, Selasa 15 November 2011.

Mantan legislator ini juga menyatakan banyak anggota DPR yang memang sudah kaya sebelum menjadi wakil rakyat. Tapi, tak sedikit juga yang kaya mendadak.

Cegah Kemacetan, Tol Jakarta-Tangerang Arah Jakarta Berlakukan Contraflow

"Misalnya sekarang rumahnya tiba-tiba jadi lima dan diatasnamakan orang lain. Mobilnya begitu banyak, pegang saham di sana-sini, menampilkan gaya hidup yang berlebihan, dan macam-macam," jelasnya.

Gaya hidup seperti ini bisa memicu tindakan memperkaya diri sendiri, seperti korupsi. Korupsi, imbuhnya, ditandai dengan perubahan sikap yang tiba-tiba menjadi tidak wajar. "Karena korupsi dalam arti hukum itu mengambil uang negara dengan memperkaya diri sendiri dengan cara-cara melawan hukum. Tapi banyak kan korupsi yang non konvensional."

Masalah gaya hidup ini mencuat saat politisi Partai Golkar Indra J Pilliang mengungkap deratan mobil mewah yang terparkir di halaman DPR. Bahkan ada yang mengendarai Bentley. (umi)

Jampidum Kejaksaan Agung, Fadil Zumhana Meninggal Dunia  (Instagram @Kejaksaan.ri)

Jampidum Kejaksaan Agung Fadil Zumhana Meninggal Dunia

Jampidum Kejaksaan Agung, Fadil Zumhana Meninggal Dunia

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024