Cafe "Calo Anggaran" DPR Ditutup

KPK Geledah Ruang Banggar DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Wakil Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat, Siswono, mengatakan, agar semua pimpinan dewan menyampaikan kepada semua pimpinan fraksi agar menjaga citra dewan. Misalnya, bagi yang akan duduk di kursi badan anggaran, bukanlah bendahara partai.

"Itu langkah pertama tanpa mengubah tata tertib, tanpa mengubah Undang-undang," kata Siswono saat rapat mengenai pencegahan korupsi dengan KPK, Kepolisian, Kejaksaan Agung, dan Menteri Keuangan bersama Pimpinan DPR, di Gedung DPR, Kamis 23 Februari 2012.

Selain itu, Suswono minta agar cafe yang berada di lingkungan DPR yang merupakan tempat duduk para calo anggaran segera direnovasi dan direlokasi. Hal ini, kata dia, untuk menjaga citra DPR.

"Cafe di bawah, tempat duduk para calo anggaran, seperti kata media, kami minta renovasi dan relokasi cafe untuk menjaga citra DPR," kata dia.

Siswono juga menambahkan, agar para anggota dewan yang menjabat sebagai alat kelengkapan dewan, diminta bukan pemimpin di teras partai. Karena mempengaruhi tingkat kehadiran. "Betapa besarnya peran pimpinan partai apalagi jelang 2014," kata dia.

Menanggapi permintaan Siswono tersebut, Pimpinan DPR, Marzuki Ali mengatakan bahwa cafe yang sering disusupi para calo anggaran itu akan segera ditutup.

Pesona Cahaya Rembulan Terpancar dalam Koleksi Abaya Indonesia di Dubai

"Pihak cafe sudah dipanggil dan nanti akan ditutup. Kami sudah benahi DPR dari orang-orang yang tidak berkepentingan dengan bangsa dan rakyat, kalau kepentingan pribadi tidak akan dibawa ke DPR," kata Marzuki.

"Termasuk wartawan-wartawan yang 'bukan' wartawan atau wartawan "bodrex" pun sudah kami benahi. Bukannya melarang meliput, tapi supaya DPR steril tidak ada urusan dengan pribadi," kata Marzuki. (umi)

Menguak Kepopuleran Kedai Kopi, Ini Tantangan dan Peluangnya
Proses evakuasi kecelakaan bus SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang

Bus Putera Fajar Terguling di Ciater saat Bawa Rombongan SMK Depok, Organda Tegaskan Ini

Bus pariwisata Putera Fajar mengalami kecelakaan saat mengangkut rombongan SMK Lingga Kencana, Depok, perpisahan ke Bandung. Organda buka suara.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024