Kader Golkar Keberatan Nurdin Halid Jadi SC Munas

Ketua DPP Partai Golkar, Nurdin Halid.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, rapat pengurus harian belum bulat memutuskan pelaksana Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar. Menurut dia, penunjukan Nurdin Halid sebagai steering committee (SC) belum disepakati.

Puji Kinerja Airlangga, Luhut: Kalau Ada yang Gosok dari Luar, Kita Lawan Siapa Pun Itu

"Sebagian besar peserta rapat keberatan atas usulan Nurdin sebagai Ketua SC," kata Doli saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis, 25 Februari 2016.

Doli menuturkan, penyusunan panitia penyelenggara Munas Golkar minimal harus melihat tiga hal. Pertama, panitia dibentuk oleh DPP untuk menyelesaikan persiapan teknis penyelenggaraan Munas dan bertanggung jawab kepada DPP.

Sekjen Beri Kode DPD se-Indonesia Minta Airlangga Aklamasi Pimpin Golkar

Oleh karena itu, lanjut dia, perlu dipertegas dan dirinci mekanisme proses pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh panitia, yaitu dangan mengaktifkan rapat pleno yang akan menjadi tempat panitia melaporkan kerjanya. Kemudian dikritisi, dan diputuskan sebagai keputusan organisasi.

"Itu akan mengurangi distorsi atau penyalahan kewenangan dari individu-individu atau kolektif panitia," ujarnya menambahkan.

Di Hadapan Bamsoet, Airlangga Tegas Bilang Tak Ada Munas Golkar hingga Desember 2024

Kedua, pimpinan panitia sebaiknya ditunjuk sesuai tugas, pokok, fungsi pembidangan yang menangani urusan organisasi. Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Ketua Bidang Kaderisasi, dan Ketua Bidang Organisasi adalah orang yang tepat ditunjuk sebagai Ketua Penyelenggara, Ketua SC, dan Ketua OC.

Ketiga, untuk memenuhi prinsip berkeadilan, maka sebaiknya pimpinan panitia diberi kesempatan bukan kepada orang-orang yang sudah pernah bahkan sering menjadi panitia.

"Ada 31 Ketua Bidang dan Wakil Sekjen yang ada dalam DPP Partai Golkar hasil Munas Riau yang juga punya kompetensi dan bisa dijadikan pimpinan panitia penyelenggara Munas kali ini. Namun, itu semua nanti akan dibahas kembali dan diputuskan dalam Rapat Pleno."

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Munas Riau, Agung Laksono, memaparkan susunan panitia penyelenggara Musyawarah Nasional (Munas) yang rencananya akan digelar April mendatang di Jakarta.

Meski belum final, karena baru akan diputuskan pada rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Agung memaparkan susunan kepengurusannya sebagai berikut:

Penanggung Jawab akan dipegang oleh Aburizal Bakrie dan Agung Laksono, kemudian Ketua Panitia Pelaksana Munas Theo Sambuaga. Ketua Steering Comitee, Nurdin Halid. Sekretaris Panitia Pelaksana Munas, Agun Gunandjar dan Ketua Organizing Comittee, Zainuddin Amali.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya