INDONESIA HARI INI

10-02-1946: Perundingan Indonesia-Belanda Dieksekusi

Para veteran Belanda ikut upacara HUT ke-71 Kemerdekaan Indonesia di Belanda, 17 Agustus 2016.
Sumber :
  • KBRI Den Haag

VIVA.co.id – Pada hari ini tahun 1946 silam, Letnan Jenderal Christison yang merupakan Panglima AFNEI saat itu menginisiasi adanya pertemuan antara pemerintah RI dengan Belanda. Pertemuan dianggap perlu untuk menyelesaikan konflik melalui perundingan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Partai Gelora Tolak PKS, Partai Koalisi Serahkan Keputusan Akhir di Prabowo Subianto

Inisiasi itu kemudian direspons kedua belah pihak dan setelah itu dimulai sejumlah perundingan. Pada perundingan ditunjuk Archibald Clark dan Lord Killean dari Inggris sebagai penengah.

Perundingan pertama dimulai pada tanggal 10 Februari 1946. Di perundingan tersebut HJ Van Mook menyampaikan pernyataan politik dari Belanda. Sementara balasan pernyataan disampaikan Indonesia dua hari kemudian.

Harga Emas Hari Ini 30 April 2024: Global dan Antam Stabil Tinggi

Perundingan-perundingan yang kemudian dilakukan adalah Perundingan di Hooge Veluwe, Perundingan Gencatan Senjata pada September 1946, Perundingan RI-Belanda Oktober 1946.

Delegasi Indonesia pada saat itu diketuai oleh Sutan Syahrir. Sementara delegasi Belanda diketuai oleh Schermerhorn. (mus)

Jok Depan Mobil Listrik Baru Ini Bisa Diubah jadi Tempat Tidur
Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. .

Bandara Sam Ratulangi Manado Tertutup Debu Vulkanik dari Erupsi Gunung Ruang

Bandara Sam Ratulangi di Manado dilaporkan tertutup debu vulkanik dari erupsi Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Selatan, pada Selasa pagi.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024