Hasyim Muzadi, Sosok Peduli Kiai dan Pesantren

Mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama, Hasyim Muzadi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama, KH Hasyim Muzadi, meninggal dunia di Malang, Jawa Timur, pada Kamis, 16 Maret 2017, pukul 06.15 WIB. Hasyim meninggal di usia ke-72 tahun.

Pesan KH Hasyim Muzadi untuk Kapolda dan Pangdam

Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKBĀ sekaligus Ketua Lembaga Da'wah Nahdlatul Ulama, Maman Imanulhaq, turut kehilangan atas tutup usianya Hasyim. Menurutnya, Hasyim adalah sosok yang memberi inspirasi kepada masyarakat dengan bahasa yang mudah dipahami.

Hasyim, lanjut dia, mampu menjelaskan posisi Islam dalam kehidupan global dan peran para dai dalam membangun bangsa dan Negara. Tokoh yang saat ini masih tercatat sebagai salah satu anggota Dewan Pertibangan Presiden itu juga merupakan sosok yang mempunyai kepedulian terhadap nasib kiai dan pesantren.

Ketua DPR: KH Hasyim Muzadi Figur Panutan dan Teladan

"Selain orator, beliau adalah pendengar yang baik," ujar Maman melalui pesan singkat.

Maman menuturkan bahwa Hasyim selama ini tak lelah meneguhkan kembali komitmen Islam ahlussunah wal jamaah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan mensosialisasikan hal itu sampai ke luar negeri.

Mensos: Kiai Hasyim Tak Lelah Sampaikan Islam yang Damai

"Kaum muda seperti kami sangat kehilangan Kiai Hasyim," kata Maman.

KH Hasyim Muzadi menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis, 16 Maret 2017, pagi ini sekitar pukul 06.15 WIB. Pada Rabu kemarin, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, sempat mengunjungi dan menjenguk almarhum.

Jenazah akan dikebumikan di Depok, Jawa Barat, sore ini juga. Rencananya, Hasyim dimakamkan di kompleks pesantren Al Hikam Jalan H. Amat Kelurahan Kukusan Rt. 06/01 Kecamatan Beji, Kota Depok. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya