Ketua DPR: KH Hasyim Muzadi Figur Panutan dan Teladan

Kiai Haji Hasyim Muzadi (semasa hidup)
Sumber :
  • VIVAlife/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Ketua DPR Setya Novanto menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya KH. Hasyim Muzadi. Dia merasa sangat kehilangan dengan tokoh kharismatik, figur panutan, dan teladan tersebut.

Pesan KH Hasyim Muzadi untuk Kapolda dan Pangdam

"Hari ini, kita kehilangan salah satu tokoh kharismatik, guru bangsa dan sekaligus ulama, KH. Hasyim Muzadi. Saya mengenal beliau cukup lama sebagai figur panutan dan teladan. Tidak hanya dalam kehidupan sosial keagamaan, tapi juga dalam ranah pendidikan dan dunia politik," ujar Novanto, Kamis, 16 Maret 2017.

Novanto menuturkan, pikiran dan gagasan Hasyim Muzadi selama menjabat Ketua Umum PBNU hingga mendampingi Presiden Joko Widodo sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden, sangat teduh dan mencerahkan.

Mensos: Kiai Hasyim Tak Lelah Sampaikan Islam yang Damai

"Sebagai sosok Nahdliyin, saya mengagumi beliau layaknya karakteristik NU yang tradisional, tawadu, toleran dan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa," ungkapnya.

Dia menambahkan, hari ini Kiai Hasyim telah dipanggil oleh Allah SWT. Tentu saja tidak ada yang terisisa bagi masyarakat kecuali amal baik, warisan, dan teladan yang baik dan luhur bagi kehidupan umat beragama dan kehidupan bangsa dan negara.

Hasyim Muzadi, Sosok Peduli Kiai dan Pesantren

"Semoga semua warisan yang baik itu menjadi amal jariyah bagi beliau. Membuatnya khusnul khotimah sehingga mendapatkan tempat layak di sisi Allah SWT," kata Novanto.

KH Hasyim Muzadi menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis, 16 Maret 2017, pagi ini sekitar pukul 06.15 WIB. Pada Rabu kemarin, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, sempat mengunjungi dan menjenguk almarhum.

Menurut rencana, almarhum akan dimakamkan di Depok, Jawa Barat, sore ini juga tepatnya di kompleks pesantren Al Hikam Jalan H. Amat Kelurahan Kukusan Rt. 06/01 Kecamatan Beji, Kota Depok. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya