Pilkada Jawa Tengah 2018

PAN Ajukan Rustriningsih Jadi Wagub untuk Sudirman Said

Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Nama mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013, Rustriningsih, kembali didukung untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Mantan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu dijagokan jadi deputi yang pas bagi Calon Gubernur Sudirman Said untuk posisi wakil gubernur.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Dukungan terhadap Rustri, sapaan Rustriningsih, diajukan oleh Partai Amanat Nasional. Partai pimpinan Zulkifli Hasan tersebut sebelumnya telah resmi mengusung Sudirman Said bersama Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera.

Ketua DPW PAN Jateng, Wahyu Kristianto, mengaku telah mengajukan nama Rustriningsih untuk dipasangkan Sudirman Said kepada Dewan Pengurus Pusat PAN di Jakarta.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

"Berbagai pertimbangan telah kami lakukan, dan pandangan kami mengerucut pada Rustriningsih untuk mendampingi Sudirman Said," kata Wahyu, Selasa, 2 Januari 2017.

Menurut Wahyu, berbagai alasan pihaknya mengajukan Rustri untuk mendampingi mantan Menteri ESDM tersebut. Salah satunya, ia menilai Rustri memiliki bekal integritas dan kepeminpinan yang mumpuni. Selain itu, Rustriningsih diyakini akan menjadi daya pikat untuk memperoleh kepercayaan masyarakat Jateng.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

"Meski demikian keputusan tetap berada di tangan koalisi, maksimal minggu ini akan ada keputusan," kata dia.

Loyalis Rustri

Selain PAN, dukungan terhadap bupati Kebumen dua periode serta mantan Wakil dari Gubernur Bibit Waluyo era 2008-2013 itu datang dari para loyalisnya. Mereka mendorong Rustri untuk maju Pilgub dengan mendatangi kediaman Rustri di Joglo Papandayan Semarang.

Para loyalis Rustri itu terdiri atas para aktivis PNI Marhaen Jateng, Gerakan Rakyat Marhaen (GRM) Jateng, Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi (GNPK) Jateng dan para aktivis pegiat sosial politik di Jateng. Mereka menyatakan diri akan tetap mendukung Rustriningsih darimanapun partai pengusungnya jika maju pada Pilgub Jateng 2018 mendatang.

"Rustriningsih adalah sosok nasionalis yang religius yang mampu membawa kaum muslimin dan muslimat ke arah yang lebih baik," ungkap Sekertaris GRM Jateng, Heri Susilo.

Sementara Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi (GNPK) Jawa Tengah, Indra, menilai sosok Rustri selain mempunyai teladan dan kejujuran, juga seorang Marhaenis tulen. Ia menilai jika Rustriningsih maju pada Pilgub Jateng 2018 Mendatang akan menang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya