Indonesia Akan Kirim Tim Bantu Penyelidikan Jatuhnya Pesawat Ethiopia

Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Terkait jatuhnya pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai Ethiopian Airlines, Kementerian Perhubungan, melalui Dirjen Perhubungan Udara, melakukan temporary grounded atau larangan terbang terhadap pesawat yang tipenya serupa. 

Jendela Kokpit Retak, Pesawat Domestik Harus Putar Balik

Menurut Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, larangan terbang sementara itu bukanlah bentuk sanksi, melainkan upaya preventif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Larangan terbang itu bukan sanksi. Tapi tindakan preventif dengan berbasis bahwa dengan pertimbangan keamanan, dengan dua jenis kecelakaan dua pesawat tersebut untuk melakukan inspeksi," kata Polana, di kantornya, Rabu 13 Maret 2019.

Alamak! Boeing Diguncang Skandal Baut Kemudi Pesawat 737 MAX Lepas

Selain itu, Polana mengatakan, saat ini Pemerintah Indonesia turut mengirimkan tim investigator untuk ikut menyelidiki penyebab jatuhnya Ethiopian Airlines. Saat ini, masih menunggu pemerintahan Ethiopia apakah tim dari Indonesia ikut diizinkan bergabung atau tidak.

"Dengan adanya kejadian kecelakaan di Ethiopia, kami dari Perhubungan Udara sudah koordinasi dengan KNKT, kami akan mengirim tim investigator. Tim terdiri dari KNKT dan Kemenhub, yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan Pesawat untuk investigasi kecelakaan tersebut," ujarnya.

Viral Polri Punya Pesawat Baru Boeing 737-800NG, Begini Penampakannya

Polana mengatakan, Pemerintah Indonesia juga turut prihatin atas kejadian yang terjadi pada Ethiopian Airlines. Polana menegaskan, Indonesia siap apabila dibutuhkan untuk membantu dalam penyelidikan peristiwa tersebut.

"Kami Ditjen Hubud turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kecelakaan tersebut. Kami langsung sampaikan surat resmi ke Ditjen Ethiopia soal belasungkawa," ujarnya. (art)

Youtuber pilot, Captain Edward Limbong dan Alshad Ahmad.

Mau Coba Sensasi Jadi Pilot Sekaligus Menerbangkan Pesawat? Yuk, Jajal di Sini!

Tak sedikit dari kita ketika naik pesawat, ingin jalan-jalan ke kokpit bahkan duduk di sebelah pilot sambil memerhatikan sang captain menerbangkan pesawat. Apa bisa?

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2024