Logo WARTAEKONOMI

6 Peluang Bisnis yang Bakal Laris Manis di Ibu Kota Baru

Di Ibu Kota Baru, 6 Peluang Bisnis Ini Bakal Laris Manis. (FOTO: Unsplash)
Di Ibu Kota Baru, 6 Peluang Bisnis Ini Bakal Laris Manis. (FOTO: Unsplash)
Sumber :
  • wartaekonomi

Ibu Kota Indonesia resmi akan pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim). Keputusan ini telah dibulatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan berbagai pertimbangan.

Ibu Kota yang baru ini akan memakan beberapa wilayah di dua kabupaten, yaitu di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Alasan utama pemindahan ke Kaltim karena letak dan kondisi geografisnya. Wilayah tersebut dinilai paling rendah risiko terkena bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, tsunami, dan gunung berapi.

Meski yang pindah hanya pusat pemerintahan saja, tak ada salahnya apabila melirik peluang bisnis yang bisa dibangun di Ibu Kota baru Kaltim. Pasalnya, Kaltim bakal ketiban bonus demografi berupa migrasi besar-besaran PNS yang bertugas di pusat. Jumlahnya, diperkirakan mencapai lebih dari 1 juta PNS.

Di mana ada permintaan, maka di situlah muncul peluang bisnis. Inilah beberapa peluang bisnis yang diprediksi bakal laris-manis di Kaltim:

1. Kos-kosan

Dari sekitar 1 juta PNS yang bakal hijrah tugas ke Kalimantan Timur, mungkin sebagian besar bukan asli dari sana. Ada yang dari Jawa, Sumatera, Sulawesi, Papua, dan lainnya.