UEA Komitmen Investasi Rp468,49 Triliun di Indonesia

Presiden Jokowi Bersama Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Mohamed bin Zayed (MBZ)
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan, pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) berkomitmen untuk terus berinvestasi di indonesia.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Komitmen investasi tersebut telah ditetapkan usai pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Crown Prince atau Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Bahlil mengatakan, Presiden Jokowi membahas berbagai hal bersama Putra Mahkota yang seringkali disebut Pangeran MBZ ini. Salah satunya mengenai kemajuan kerja sama investasi antara kedua negara.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Presiden Jokowi Bersama Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Mohamed bin Zayed (MBZ)

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bahlil mengungkapkan, dari pertemuan tersebut juga dihasilkan komitmen investasi sebesar US$$32,7 miliar atau setara dengan Rp468,49 triliun (kurs JISDOR BI Rp14.327 per dolar AS). investasi itu akan masuk pada beberapa sektor seperti kesehatan, energi baru terbarukan, infrastruktur dan pangan.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

"Ini tentunya menjadi persepsi yang semakin baik antara kedua pemimpin negara dan para investor yang ada di Uni Emirat Arab kepada pemerintah Indonesia," kata Bahlil dalam keterangannya, Kamis, 4 November 2021.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelumnya mengatakan, Presiden Jokowi akan langsung melanjutkan perjalanannya ke Dubai. Setibanya di Dubai, Kepala Negara akan menuju Dubai Exhibition Center untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) dan Ruler of Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga akan menyaksikan pertukaran kesepakatan kerja sama, baik secara business to business (B2B) maupun government to government (G2G).

Setelah bertemu PM dan Ruler of Dubai, lanjut Retno, Presiden Jokowi diagendakan untuk menghadiri pertemuan bisnis forum dengan para pebisnis dan investor dari Uni Emirat Arab. Pertemuan bisnis forum ini sendiri akan dipimpin secara langsung oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

"Juga akan melakukan pertemuan secara singkat dengan investor dari Amerika Serikat yang sekali lagi akan dikomandani oleh Pak Menteri Investasi," tutur Retno.

Mengakhiri kegiatan di Dubai, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan sekaligus meninjau Paviliun Indonesia yang ada di Dubai Expo. Setelahnya, Presiden Jokowi bersama rombongan akan langsung menuju Bandara Internasional Al Maktoum untuk kembali ke Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya