Terobosan Apical Grup Curi Perhatian Milenial Biar Kenal Kelapa Sawit

Apical Grup Lucurkan “Powered by Palm Oil”
Sumber :
  • VIVA / Vicky (Jakarta)

VIVA – Dalam rangka memperingati hari pahlawan, Apical Group, salah satu eksportir minyak kelapa sawit berkelanjutan,meluncurkan inisiatif minyak sawit berkelanjutan bertajuk “Powered by Palm Oil”, Rabu,10 November 2021. 

Daftar Harga Pangan 8 Mei 2024: Daging hingga Minyak Goreng Naik

Diketahui, Aprical Grup merupakan bagian dari RGE grup, berkolaborasi dengan berbagai stake holder lainnya yakni The Roundtable of Sustainable Palm Oil (RSPO), Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI), dan sejumlah Key Opinion Leaders (KOL) dari berbagai industri.

Melalui inisiatif ini, Apical Group ingin meningkatkan praktik bisnis berkelanjutan dan menyadarkan masyarakat khususnya generasi muda bahwa minyak kelapa sawit adalah salah satu bahan yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Daftar Harga Pangan 7 Mei 2024: Beras Turun, Daging Ayam hingga Gula Naik

Kebun Kelapa Sawit PT NSS.

Photo :
  • Dokumentasi PT NSS.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin memberi pengetahuan kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda bahwa hampir setiap produk yang kita gunakan sehari-hari mengandung minyak sawit. Selain itu, dalam momentum Hari Pahlawan ini kami berharap para generasi muda dapat menjadi agen perubahan (agent of change) dalam mempromosikan minyak sawit berkelanjutan," kata RGE Palm Business Director selaku Apical Group, Bernard Riedo saat jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pencurian TBS Kelapa Sawit Makin Marak, Gapki: Ganggu Iklim Investasi

Sementara, Outreach and Engagement Manager RSPO Indonesia, Margareth Naulie Panggabean mengatakan, dirinya mendukung Apical untuk terus memproduksi produk turunan dari minyak sawit berkelanjutan sekaligus mengedukasi generasi muda.

“Membeli produk yang menggunakan minyak sawit berkelanjutan bersertifikat adalah pilihan terbaik yang dapat Anda lakukan dalam berkontribusi pada industri minyak sawit yang lebih berkelanjutan.” kata Margareth

Dari sisi industri, Direktur Eksekutif GIMNI, Sahat Sinaga yang hadir secara virtual menambahkan, selama delapan tahun ini kelapa sawit telah menjadi penopang ekspor selain batu bara. Industri sawit menyerap tenaga kerja dan menjadi penyumbang devisa. 

Dalam hal ini, Sahat menjelaskan sawit yang menopang kegiatan ekonomi di Indonesia namun tidak disadari. Tanaman ini tumbuh bagus di daerah tropis dengan curah hujan tinggi. Selain itu produksinya mampu memenuhi kebutuhan nasional dan global.
 
“Dari total 47 juta ton Crude Palm Oil (CPO) yang diproduksi Indonesia, 20 juta ton adalah konsumsi dalam negeri dengan rincian 9 juta ton untuk penggunaan biodiesel, 7 juta ton untuk pangan, 2,5 juta ton untuk penggunaan oleokimia, dan sisanya penggunaan lainnya. Karena itu komoditas sawit sangat penting bagi bangsa ini, solusinya bukan dengan mengganti minyak sawit dengan minyak nabati lainnya tapi bagaimana membuat industri ini lebih berkelanjutan dan lebih solid di mata dunia dan ini peran besar yang dihadapi oleh generasi muda kita,” beber Sahat.

Sahat membandingkan dengan negara lain, Indonesia lebih maju dalam hal penggunaan energi baru terbarukan, seperti penggunaan biodiesel. 

Ketua Riset dan Teknologi APROBI, Jummy Bismar Martua Sinaga, mengutarakan, sumber minyak sawit yang dimiliki Indonesia harus dioptimalkan.

“Kita harus mengoptimalkan minyak sawit sebagai sumber daya yang dimiliki Indonesia. Program B30 juga menyerap lebih dari 1 juta pekerja dan meningkatkan pendapatan petani. Melalui kegiatan ini, APROBI turut berbagai informasi bahwa minyak sawit tidak hanya untuk bahan makanan tapi juga sumber energi,” ucap dia.

Pada kesempatan yang sama, Apical juga memperkenalkan empat (4) Key Opinion Leaders (KOL) dari kampanye “Powered by Palm Oil” yang terdiri dari para praktisi dari berbagai industri, seperti Kwik Wan Tien, General Manager Nutrifood (WRP brands), dan Anisa Sulandana Brahmantyo, De La House Brand Director yang mendukung penggunaan minyak sawit berkelanjutan dalam setiap produk pangan.

Turunan minyak sawit berkelanjutan dalam setiap produk KAO, dan Tigran Denre Sonda, Eksporter minyak goreng Harumas, yang juga merupakan produk minyak goreng Apical Group, serta Ryan Haryanto, pebalap Asian Formula Renault  yang mendukung penggunaan biodiesel dari bahan baku sawit sebagai upaya membangun ketahanan energi.

Kampanye yang akan di tayangkan setiap 2 minggu sekali sejak tanggal 10 November 2021 di seluruh media sosial Apical Group ini merupakan wujud dan upaya Apical untuk memotivasi generasi muda di Indonesia sesuai dengan acuan #Apicalpeduli. Apical sejak tahun 2020 selalu berupaya untuk memotivasi masyarakat melalui berbagai kegiatan untuk menyebar pesan positif sehingga dapat menjadi kunci guna membantu upaya dalam mengakhiri pandemi COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya