Kisah Haryati, Terlilit Tagihan hingga Utangnya Dilunasi Erick Thohir

Erick Thohir saat menyambangi rumah warga.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Erick Thohir selaku Ketua Yayasan Erick Thohir menyusuri gang sempit di kawasan Kampung Salo, Kembangan, Jakarta Barat. Dalam perjalanannya, Erick bertemu seorang ibu rumah tangga bernama Haryati (45).

Utang Luar Negeri RI Kuartal I-2024 Turun Jadi US$403,9 Miliar, Investor Tarik Dana di SBN

Dalam pertemuan itu, Haryati bercerita bahwa dia sudah 10 tahun merawat seorang keponakannya yang tunarungu. Haryati menjelaskan, jatuh bangun sudah dirasakannya. Termasuk saat berusaha membayar tagihan pendidikan yang masih menunggak.

Haryati melakukan segala cara agar keponakannya bisa terus bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB). Ia pun Menjadi buruh cuci, menjual siomay, dan berbagai usaha lainnya. Hingga sampai waktunya jatuh tempo, Haryati terpaksa berutang ke koperasi karena uangnya ternyata masih belum terkumpul. 

Shin Tae-yong Tak Gentar dengan Target Tinggi dari PSSI

"Saya banyak utangnya Pak. Di sini yang masih sekolah ada lima, yang tunarungu paling kecil umur 10 tahun," ujar Haryati saat berbincang dengan Erick di kediamannya, dikutip dalam keterangan tertulis, Senin, 7 Februari 2022.

ilustrasi utang

Photo :
  • U-Report
Waskita Terancam Delisting dari BEI, OJK Buka-bukaan Kondisi Perusahaan

Haryati pada akhirnya hanya bisa mengandalkan pendapatan empat anggota keluarganya yang sudah bekerja. Satu bekerja sebagai buruh serabutan, satu office boy, satu kurir, dan satu lagi satpam.

Meski begitu, penghasilan keempat saudaranya yang di bawah UMR belum cukup membuat Haryati masih merisaukan keuangan keluarga. Terlebih ada 13 anggota keluarga yang tinggal bersamanya di rumah kecil yang berukuran 8x12 meter. Menurutnya penghasilan hanya cukup untuk makan sehari-hari.

"Semuanya gajinya di bawah UMR Pak. Hanya untuk makan sehari-hari," ucap Haryati. 

Akhirnya, Haryati pun harus berutang ke warung untuk sekadar memenuhi kebutuhan lainnya. Setelahnya, utang Haryati sudah mencapai Rp9,3 juta. Dengan kondisi seperti itu, Haryati mengaku tidak tahu bagaimana harus melunasi semua utangnya.

Erick Thohir tiba-tiba melunasi semua utang-utangnya. Haryati mengaku bisa bernapas lega. Erick juga menyatakan, akan menjamin pendidikan keponakannya tiga tahun ke depan sampai lulus SLB.

Tak hanya itu, Erick juga memberikan bantuan berupa peralatan sekolah dan sejumlah mainan. Bantuan itu diberikan agar keponakan Haryati semakin semangat belajar.  "Harus tetap semangat kerja keras dan harus tetap melakukan gotong royong. Dan bersyukur kepada Allah SWT," kata Erick kepada Haryati. 

Usai diberikan berbagai bantuan tersebut, Haryati mengucapkan terima kasih kepada Erick Thohir. Dia mendoakan Erick supaya berkah rezekinya dan panjang umurnya. 

"Makasih banyak ya Pak ya. Semoga bapak diberi kesehatan ya Pak. Berkah rezekinya, panjang umurnya, Aamiin," kata Haryati tersedu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya