Mahendra Siregar Jadi Nakhoda Baru OJK, DPR: Jangan Tebang Pilih

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

VIVA Bisnis – Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027 yang dinakhodai Mahendra Siregar resmi dilantik oleh Mahkamah Agung pagi ini, Rabu, 20 Juli 2022 pukul 08.12 WIB.

Bukan Cuma Sekali, Ini Sederet Kontroversi Bisnis Ustaz Yusuf Mansur

Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad berpesan kepada anggota DK OJK baru untuk bertindak adil dan tidak tebang pilih dalam menangani kisruh permasalahan dalam penyelenggaraan sektor jasa keuangan. Khususnya di Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

"Sebagai mitra OJK di DPR, kami berharap DK OJK dapat menerapkan pengawasan secara terintegrasi, memberikan perlindungan konsumen. Karena sebelumnya banyak Kebijakan PKU (Penghentian Kegiatan Usaha) antara satu industri dengan industri terkesan tidak adil, sehingga konsumen seringkali dikorbankan," ujar Kamrussamad dalam keterangannya, Rabu 20 Juli 2022.

DPR: RS Pemerintah Harus Jadi Contoh Penerapan KRIS sesuai Aturan Baru BPJS Kesehatan

Pengucapan Sumah Jabatan Anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Daftar Kasus IKNB yang Perlu Jadi Perhatian

Mendagri Tito Setuju Sistem Pemilu Dikaji Ulang

Kamrussamad mencontohkan, pada kasus AJB Bumiputera justru dalam lima tahun terakhir kondisinya semakin sulit. Kemudian AJ Wanaartha pemiliknya justru dibiarkan hidup mewah di Beverly hills LA California Amerika, sementara dana nasabah senilai Rp18 triliun hingga saat ini tidak ada kepastian kapan dikembalikan.

"Skandal Jiwasraya adalah bukti nyata Kegagalan OJK dalam menjalankan tugas Pengawasan. Selain itu catatan saya, DK OJK harus secara serius melanjutkan proses transformasi di OJK untuk menghadapi tantangan sistem keuangan di era digital," terangnya.

Menurutnya, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengawas OJK harus menjadi perhatian khusus. Sebab, fungsi intermediasi perbankan menjadi tugas OJK, sebagai wujud dan komitmen dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Tantangan 7 anggota DK OJK saat ini tidak gampang. Gelombang pemulihan ekonomi nasional kita saat ini, membutuhkan komitmen dari semua anggota DK OJK untuk menjalankan tugasnya secara adil, transparan, dan akuntabel," jelasnya.

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar yang kini jadi Ketua Dewan Komisioner OJK 2022-2027.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Adapun untuk ketujuh DK OJK periode 2022-2027 antara lain, Mahendra Siregar sebagai Ketua DK OJK, Mirza Adityaswara sebagai Wakil Ketua DK OJK, Inarno Djajadi sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, dan Sophia Issabella Watimena sebagai Ketua Dewan Audit.

Kemudian, Friderica Widyasari Dewi di Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Dian Ediana Rae sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, serta Ogi Prastomiyono sebagai Kepala Eksekutif Industri Keuangan Non-Bank (IKNB).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya