Sri Mulyani Akui APBN Hal Rumit yang Bisa Dibuat Cerita 1001 Malam

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati..
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), adalah hal yang rumit dan penting. Bahkan APBN dapat menjadi cerita 1001 malam.

Sri Mulyani Menghadap Jokowi Bahas Kasus Viral Bea Cukai

"APBN itu sebuah konsep yang sangat kompleks dan rumit, padahal dia begitu sangat penting. APBN bisa dibuat menjadi 1001 cerita, menjadi 1001 malam apa saja anda bisa ceritakan dari dimensi APBN," ujar Sri Mulyani dalam Lomba Debat APBN Tahun 2022, Kamis 27 Oktober 2022.

Ani begitu sapaan akrabnya menceritakan, dalam membentuk asumsi APBN dibahas selama dua hari dua malam. Karena dalam asumsi tersebut terdapat asumsi inflasi, harga minyak, suku bunga, lifting minyak dan lainnya.

Puan Bilang Penyusunan RAPBN 2025 Berbasis RPJMN Prabowo-Gibran

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 27 Oktober 2022: Global dan Antam Kompak Berkilau

"Itu baru satu part saja, sudah bisa bermalam-malam kita berbicara mengenai APBN. Belum bicara tentang tadi kalau menghadapi shock pilihan kebijakan bagaimana, mekanismenya untuk bisa mengelola instrumen yang luar biasa penting. Ini instrumen kebijakan, APBN itu instrumen, alat negara untuk mengurus negara dan rakyatnya," jelasnya.

Sampaikan Pesan Puan, Gobel: Pemerintah Baru Harus Punya Keleluasaan Susun APBN

Adapun dengan APBN sebagai alat dalam mengurus negara dan rakyat, instrumen itu kata dia, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Karena jika APBN tidak dimanfaatkan tidak akan menghasilkan dampak yang diinginkan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/ VIVA.

"Maka anda bisa bayangkan, tanggung jawab dan peranan Kemenkeu menjadi sangat-sangat penting karena kita mengelola instrumen yang merupakan instrumen penting. Dan milik rakyat Indonesia, bendahara negara," tegasnya.

"Nah, dengan adanya upaya tadi bahwa APBN itu kompleks 1001 dimensi bisa diceritakan dengan 1001 macam cara, salah satu upaya untuk membuat sosialisasi dan edukasi yang mudah dilakukan melalui berbagai macam lomba," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya