Pos Indonesia Gandeng Lion Air Permudah UMKM hingga Peternak Kirim Barang

PT Pos Indonesia dan Lion Air jalin kerja sama permudah pengiriman barang UMKM.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Pos Indonesia Group melalui anak perusahaannya Pos Logistik Indonesia menjalin kerja sama dengan Lion Air Group dalam ekosistem direct trading. Kerja sama ini akan berfokus pada pengiriman serta pendistribusian produk dari petani, peternak, nelayan, serta para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kepada para konsumen secara langsung.

UMKM Bisa Dapat Suntikan Modal hingga Rp 300 Juta dari J&T Express, Simak Syaratnya

Hal itu diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pos Indonesia Group, Pos Logistik Indonesia, dan Lion Air Group di Jakarta.

Direktur Utama Pos Indonesia Group, Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, kerja sama ini dilakukan dalam rangka mempercepat proses pendistribusian logistik para pelaku usaha di Indonesia dan merupakan salah satu upaya dalam mendukung stabilitas ekonomi nasional.

Bea Cukai Kawal Potensi Ekspor UMKM di Sukabumi dan Lampung Lewat Asistensi

“Konsep Ekosistem Direct Trading ini merupakan penggabungan sistem pengiriman yang dimiliki oleh Pos Logistik Indonesia yang andal dalam jalur darat serta Lion Air Group yang memiliki spesialisasi dalam jalur udara, sehingga pendistribusian produk kepada para konsumen akan lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat membantu menciptakan stabilitas ekonomi nasional,” kata Faizal di Pos Bloc, Jakarta, Rabu, 28 Desember 2022

Pesawat Lion Air

Photo :
  • Istimewa
Ketua Harian Dekranas Harap Seluruh Stakeholder Dukung Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM

Faizal mengatakan, ekosistem direct trading merupakan kerja sama yang menggabungkan beberapa hal dari sistem pengiriman Pos Indonesia Group dengan Lion Air Group. Antara lain rute penerbangan (port to port), operasional bandar udara, dan jaringan pos darat (post to post).

Sementara itu, Presiden Direktur Lion Air Group, Capt Daniel Putut Kuncoro Adi pun mengatakan, kerja sama ini akan memudahkan para pelaku bisnis Indonesia ini.

“Kolaborasi bersama Pos Indonesia Group dan Pos Logistik Indonesia ini memanfaatkan kapabilitas masing-masing perusahaan dalam memperlancar arus barang dari hasil sektor pertanian, kelautan, peternakan, UMKM sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus daya saing produk di pasar regional dan global,” jelasnya. 

Sedangkan, Direktur Utama Pos Logistik Indonesia Ardian Cholid menyatakan, besarnya pasar domestik akan sangat menguntungkan bagi konsumen dan produsen Petani, Peternak, Nelayan dan UMKM jika dihubungkan melalui ekosistem penjualan langsung.

"Dalam pengiriman hasil produknya sampai ke depan pintu rumah konsumen secara mudah dan murah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya