Capital Outflow hingga Data Cadev RI Bayangi Pergerakan IHSG, Intip Saham Rekomendasi

IHSG.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 34 poin atau 0,52 persen di level 6.619, pada pembukaan perdagangan Jumat 6 Januari 2023.

Neraca Perdagangan RI 4 Tahun Surplus, Kemenkeu Pede Tren Positif Tetap Berlanjut

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Chisty Maryani, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Chisty dalam riset hariannya, Jumat 6 Januari 2023.

IHSG Menghijau Ditopang Surplus Neraca Perdagangan dan Rupiah

Dia menjelaskan, cadangan devisa (cadev) Indonesia periode Desember 2022, diproyeksikan meningkat dibanding bulan sebelumnya. "Sebab pada Desember 2022, investor asing mencatat beli bersih sebesar US$1,62 miliar di pasar obligasi," ujar Chisty.

Meskipun, dia mengatakan bahwa ada juga aksi jual atau arus keluar (capital outflow) di pasar saham sebesar US$1,34 miliar.

Diduga Ada Persekongkolan Jahat Pelaksanaan Lelang Barang Rampasan Benda Sita Korupsi Paket Saham

Ilustrasi papan saham IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Sementara, Kementerian ESDM melakukan peninjauan kembali tambahan proporsi Bahan Bakar Nabati (BBN) jenis biodiesel untuk solar.

Hal itu setelah pemerintah Indonesia menetapkan B35 akan diimplementasikan pada 1 Februari 2023. Alokasi biodiesel pada tahun ini sebanyak 13,15 juta kilo liter.

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.603-6.851," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni AGII, CAMP, AMRT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya