Bantu Genjot Produksi, Startup Ini Janji Serap 100 Persen Hasil Panen Mitra Petani

Pupuk bersubsidi. (ilustrasi)
Sumber :

Jakarta – Para petani di Indonesia, saat ini masih dihadapkan dengan sejumnlah permasalah guna menggenjot produksinya. Antara lain faktor permodalan sarana produksi (saprodi) serta minimnya edukasi teknik budidaya pada sektor hortikultura.

Terlalu Mahal? Komisi X Desak Kemendikbudristek Perbaiki Tata Kelola UKT demi Keadilan Pendidikan

Oki Harmawan, Head of Eden Supply Network Sartup Food-Service B2B, EdenFarm, mengatakan bahwa keterbatasan informasi data petani yang juga sulit diakses oleh perbankan menjadi faktor lain yang membuat terhambatnya permodalan budidaya. Hal itu pada akhirnya. menyebabkan pengelolaan lahan dan produktivitas hasil panen masih belum optimal. Melihat permasalahan tersebut,

Hal itulah yang mendasari EdenFarm mengadakan Temu Tani, bincang santai dengan petani setempat di sejumlah daerah pertanian di Indonesia. Di mana EdenFarm juga memberikan edukasi mengenai solusi atas permasalahan pertanian yang kerap dihadapi oleh petani, sekaligus mensosialisasikan program Farming Project EdenFarm.

Soroti Kenaikan UKT: Komisi X DPR Bentuk Panja Pembiayaan Pendidikan

“Melalui program Farming Project, EdenFarm memastikan 2P kepada para mitra tani, yaitu pasti dijaga penanamannya yang didampingi oleh tim lapangan & agronomis EdenFarm dan pasti diambil hasil panennya 100 persen, dengan syarat tidak ada hasil yang busuk,” jelas Oki dikutip dari keterangannya, Minggu, 18 Juni 2023.

Eden Temu Tani akan diselenggarakan di Pangalengan, Garut, Brebes dan Probolinggo, dengan Temu Tani perdana di Aula Koperasi Nurul Iman, Kampung Pinggirsari, Desa Cihawuk, Kertasari, Pangalengan, Jawa Barat.

Aplikasi Ini Bisa Tahu Seseorang Melakukan Plagiat

Di Pangalengan yang merupakan wilayah komoditas Kentang, Eden Temu Tani dihadiri oleh lebih dari 50 petani setempat. “EdenFarm hadir saat ini untuk dapat membantu para teman-teman tani, khususnya dari Desa Cihawuk sebagai solusi untuk membantu pengoptimalan budidaya pertanian komoditas kentang agar semakin baik dan menguntungkan,” tambahnya.

Dia menjelaskan, selain mendapatkan pendanaan pertanian, mitra tani akan mendapatkan pendampingan dari tim agronomis EdenFarm terkait pola tanam dan budidaya hortikultura. Tidak hanya edukasi, dukungan berupa saprodi juga rutin diberikan seperti pupuk, benih / bibit dan pestisida juga diberikan untuk memaksimalkan hasil panen pertanian.

EdenFarm.

Photo :
  • Dokumentasi EdenFarm.

Sampai pertengahan tahun 2023 ini, sudah lebih dari 350 mitra tani yang telah bergabung di Eden Farming Project di sekitar pulau Jawa. Para mitra tani yang telah bergabung bersama EdenFarm juga akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti aplikasi petani atau Farmers Apps, di mana mitra tani dapat mengakses ensiklopedia pertanian, melihat prediksi cuaca dan waktu yang tepat untuk panen.

Rofiq dari tim Agronomis EdenFarm menjelaskan bahwa pendistribusian air yang merata merupakan faktor utama keberhasilan panen pada musim kemarau. Sehingga petani bisa tetap mendapatkan keuntungan dari produksi yang dilakukan.

“Antisipasi terbaik yang bisa petani lakukan khususnya pada musim kemarau adalah dengan membuat penampungan air sehingga lahan pertanian tetap bisa terdistribusikan dengan air yang cukup,” papar Rofiq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya