Angkasa Pura I Bersiap Layani 1 Juta Penumpang di Libur Panjang Idul Adha

Ilustrasi Penumpang Pesawat
Sumber :
  • U-Report

Jakarta - PT Angkasa Pura I (AP I) memperkirakan akan melayani sekitar 1.048.781 penumpang, pada periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 2023/1444 Hijriah mulai 28 Juni hingga 2 Juli 2023 mendatang.

ASDP Angkut 26 Ribu Orang dan 125 Ribu Kendaraan pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs.) Direktur Utama AP I, Lukman F. Laisa mengatakan, dari jumlah perkiraan penumpang tersebut, antara lain terdiri atas 832.532 pergerakan penumpang rute domestik dan 216.249 pergerakan penumpang rute internasional.

“Angkasa Pura I juga memprediksi puncak arus pergerakan penumpang akan terjadi pada Rabu, 28 Juni 2023, dengan prediksi trafik mencapai 217.660 pergerakan penumpang di 15 bandara,” kata Lukman dalam keterangannya, Selasa, 27 Juni 2023.

Video Penumpang Pikap Pakai Helm, Tetap Kena Tilang Polisi

Penumpang pesawat di Bandara Komodo.

Photo :
  • VIVA/Raden Jihad Akbar

Dengan potensi peningkatan penumpang yang akan terjadi selama liburan panjang Hari Raya Idul Adha kali ini, Angkasa Pura telah menyiapkan sejumlah antisipasi agar para pengguna jasa bandara tetap merasa aman dan nyaman. Antisipasi tersebut antara lain memastikan kesiapan infrastruktur utama dan pendukung di bandara, memastikan kesiapan personel, serta menyesuaikan jam operasi bandara jika diperlukan.

Penumpang Kapal Tujuan Sumbawa-Lombok Lompat ke Laut

Selain itu, Angkasa Pura I juga menjalin koordinasi secara terus menerus dengan instansi terkait, untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan dan menjaga kualitas layanan (level of service) bagi seluruh pengguna jasa bandara.

Selama periode ini, tiga bandara Angkasa Pura I yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, akan beroperasi selama 24 jam dalam satu hari. “Bandara-bandara lain juga akan melakukan penyesuaian jam operasi jika diperlukan, atau dengan menyesuaikan permintaan dari maskapai penerbangan,” ujar Lukman.

Dia mengaku, kebijakan penyesuaian jam operasional bandara ini ditujukan untuk mengantisipasi potensi dampak pergerakan lalu lintas pesawat dan penumpang, selama libur panjang.

Jajaran PT. Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang menggelar apel pagi

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Angkasa Pura I juga turut mempersiapkan sebanyak 4.996 personel di 15 bandara, yang terdiri dari 4.570 personel operasional internal dari Angkasa Pura I, serta 426 personel keamanan dari TNI dan Polri. Untuk mendukung konektivitas penumpang, Angkasa Pura I juga berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk memastikan kesiapan transportasi darat di antaranya taksi bandara, transportasi online, bus, dan kereta api bandara. kemudahan transportasi darat di antaranya taksi bandara, transportasi online, bus, dan kereta api bandara. 

“Kami memprediksi bandara Angkasa Pura I yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, akan menjadi bandara dengan trafik yang sibuk selama periode ini,” ujarnya.Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, akan menjadi bandara dengan trafik yang sibuk selama ini," ujarnya .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya