Lantik Pejabat Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Sri Mulyani: Tidak Boleh Berkhianat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia/tangkapan layar.

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik sejumlah pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), Kementerian Keuangan pada Kamis, 13 Juli 2023. Dia meminta kepada para pejabat yang dilantik untuk tidak berkhianat dan menjaga integritas.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Sri Mulyani mengatakan, dia berharap dengan adanya kegiatan pelantikan ini dapat membuat kinerja DJPK semakin baik dan unggul. Hal itu sesuai dengan tugas dan fungsinya, termasuk mengenai pembagian Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH).

“Masih banyak pekerjaan rumah di sana yang harus kita lakukan. Apakah transfer itu betul-betul menyebabkan daerah bisa menjalankan fungsinya sebagai organ pemerintahan di dalam menciptakan masyarakat adil, makmur dan melayani masyarakat. Kinerja dari pemerintah daerah yang hasil akhirnya adalah output outcome yang bisa kita ukur,” kata Sri Mulyani dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat, 14 Juli 2023.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Gedung Kementerian Keuangan.

Photo :
  • Arrijal Rachman/VIVAnews.com

Dia menuturkan, transformasi yang dilakukan DJPK akan mampu membangun pemikiran-pemikiran kritis serta mampu memupuk kerja sama dengan sinergi.

Profesor Ilmu Politik Sayangkan jika Sri Mulyani Jadi Calon Kepala Daerah

“Buatlah teamwork yang betul betul kompak. Hilangkan ego masing-masing unit direktorat atau fungsional. Karena kalau itu yang terjadi, maka yang rugi adalah Indonesia,” jelasnya.

Untuk itu, Menkeu menghimbau agar seluruh jajaran DJPK dapat menjadi organisasi yang memprioritaskan kemajuan di daerah, dengan menggunakan dan menciptakan beragam instrumen kebijakan.

“Jadi tolong terus berambisi, melihat data, melihat masalah, membuat analisa, saling diskusi, exchange information, exchange knowledge, exchange experience, lihat negara lain, baca data negara lain, di-compare, dianalisa, kemudian dikeluarkan dalam bentuk formula-formula kebijakan yang makin kreatif. Jangan berhenti bereksperimen, dan setiap rupiah yang kita transfer tidak boleh menjadi rupiah yang sia-sia,” katanya.

Sri Mulyani juga berpesan agar seluruh jajaran dapat terus bekerja dengan sebaik-baiknya. Dan berkomitmen untuk terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Anda akan bekerja dengan etika dan anda jelas tidak boleh mengkhianati dengan menjaga integritas. Selamat bekerja semuanya, selamat terus membangun Indonesia,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya