Belum Paham soal Single Salary, Sri Mulyani Minta Menpan RB Fokus Perbaiki Kinerja ASN Dulu

Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati buka suara, atas wacana penerapan single salary atau gaji tunggal kepada  Aparatur Sipil Negara (ASN) salah satunya Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nantinya jika penggajian dilakukan menggunakan single salary, maka tidak ada tambahan penghasilan melalui tunjangan yang melekat.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Sri Mulyani mengatakan, terkait sistem single salary itu dirinya belum memahami mengenai hal tersebut. Serta belum dapat berkomentar lebih jauh mengenai dampaknya kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Saya itu belum memahami mengenai single salary itu ya. Jadi aku belum bisa membuat komentar mengenai itu," ujar Sri Mulyani di Kompleks DPR RI Kamis, 14 September 2023.

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati unggah fotonya yang mirip nakama di One Piece, Nami beserta laporan APBN KiTa.

Photo :
  • Instagram @smindrawati.

Bendahara negara ini menuturkan, saat ini yang menjadi fokus adalah bagaimana perbaikan kinerja daripada ASN baik TNI/Polri.

Ucapkan Selamat Tinggal, Legenda Skating Jepang Shoma Uno Umumkan Pensiun

“Sekarang yang kita pusatkan adalah berkoordinasi dengan Menpan RB mengenai bagaimana perbaikan kinerja ASN, TNI, Polri. Jadi reform-nya ada disitu saja," jelasnya.

Pun, dia menyatakan bahwa belum bisa berbicara lebih jauh mengenai pilot project yang tengah dilakukan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Photo :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

"Itu tadi jawaban saya, saya belum lihat dan dipresentasikan jadi nanti saya lihat," terangnya.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, reformasi gaji para Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi salah satu agenda prioritas Pemerintah pada 2024 mendatang,“ ungkapnya.

Tahun 2024, kegiatan prioritas berdasarkan fungsi yaitu konsep kebijakan reformasi sistem pensiun dan single salary bagi ASN,” kata Suharso.

Menurut dia, saat ini banyak PNS yang jabatannya tinggi tapi masih menerima gaji atau honor lainnya. Sedangkan, kata Suharso, PNS yang jabatannya rendah cuma memperoleh gaji dan tunjangan yang jauh timpang.

“Artinya, ada perbedaan-perbedaan. Nah, kita coba ada yang waktu dia beraktivitas pada posisi yang makin tinggi gajinya, lalu dia dapat pendapatan lain di luar jabatan di K/L, terus dapat tambahan lainnya. Nah, ini kita ingin membuat keadilan,” ujarnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Kemudian, Suharso mengatakan penerapan sistem single salary ini juga untuk memberikan kesejahteraan bagi PNS di hari tuanya. Misalnya, kata dia, sistem single salary ini mengatur pemberian asuransi kesehatan, asuransi kematian, dana pensiun hingga besaran pemotongan pajak.

“Sekarang sudah ada dana pensiun, sebagian diambil dari sebagian gajinya, kemudian ada sumbangan dari pemerintah, kemudian ada pemotongan pajak dan seterusnya. Nah, ke depan nanti supaya kalau seorang ASN dia pensiun, kemudian jangan kehilangan daya beli ke dokter ndak bisa sakit-sakitan, ndak bisa dibayar dengan BPJS,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya