Sebut Janji Cak Imin Dana Desa Naik Jadi Rp 5 M Realistis, Mendes Halim Beberkan Itungannya

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar
Sumber :
  • Humas Kemendes PDTT

Yogyakarta – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin menyampaikan janji politiknya jika dirinya dan Anies Baswedan terpilih sebagai Presiden dan Wapres maka akan menaikkan Dana Desa menjadi Rp 5 miliar per tahunnya.

Jadi Tempat Esek-esek, Warung Remang-remang Digeruduk Ratusan Warga

Janji politik Cak Imin ini mendapatkan tanggapan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Kakak kandung Cak Imin ini menilai usulan Dana Desa sebesar Rp 5 miliar adalah hal yang realistis.

Halim menilai angka Rp 5 miliar untuk Dana Desa ini merupakan angka yang kecil. Terlebih jika anggaran Dana Desa itu dibandingkan dengan APBN Indonesia.

PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas, Pengamat: Wajar Kalau Megawati Sangat Marah

"Sangat realistislah. Coba hitung saja Rp 5 miliar kali 75.000 (jumlah desa di Indonesia). Berapa APBN kita. Kecil banget itu," ujar Halim di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Minggu, 17 September 2023.

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar

Photo :
  • Kemendes PDTT
Kader PDIP Usul Money Politics Dilegalkan, Djarot: Itu Sebetulnya Bentuk Kejengkelan

Halim membeberkan, pengelolaan Dana Desa saat ini telah memberikan arah pada kepercayaan masyarakat jika desa mampu mengelola dirinya sendiri.

Halim menceritakan diawal Dana Desa diberikan pemerintah melahirkan dua pandangan. Dua pandangan ini adalah ada yang meragukan desa mampu mengelolanya dan pandangan lainnya optimis jika desa bisa mengelola dana itu.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Ingat awal pertama digulirkan Dana Desa ada dua macam (pandangan). Pertama, tidak yakin ini (Dana Desa) akan bagus karena apakah bisa desa dikasih duit dan dikelola sendiri. Kedua, (pandangan) sangat optimistis (desa bisa mengelolanya)," urai Halim.

"Hari ini, (terbukti) desa mampu mengelola dirinya sendiri dan layak untuk diberikan apresiasi dengan kucuran dana yang lebih," tutup Halim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya