Kementerian ATR/BPN Sudah Sertifikasi 70 Persen Lahan Masjid Al-Jabbar

Masjid Raya Al Jabbar Provinsi Jabar
Sumber :
  • VIVA / Adi Suparman

Jakarta – 70 persen lahan Masjid Al-Jabbar, di Provinsi Jawa Barat sudah tersertifikasi oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hal itu diungkapkan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengamanan dan Kelengkapan Aset Daerah di Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Provinsi Jawa Barat, Dicky Fajar Maulana. 

Jokowi Tunda Penerapan Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMKM hingga 2026, Ini Pertimbangannya

Dijelaskannya, Masjid Al-Jabbar merupakan masjid terbesar yang ada di Provinsi Jawa Barat. Sejak dibangun pada 2017, masjid yang memiliki luas sekitar 24 hektare ini secara bertahap sudah didaftarkan untuk sertifikasi lahannya.

“Alhamdulillah sudah hampir 70 persen tersertifikasi. Hari ini sertipikat lahan parkir dan taman,” kata Dicky dalam keterangannya Jumat, 22 September 2023. 

Konsisten Inovasi dan Transformasi Digital, Bank Mandiri Raih ISO 56002 Kitemark

Masjid Al Jabbar

Photo :
  • Instagram: Ridwan Kamil

Kesadaran untuk menyertifikatkan lahan ini, jelasnya, diperkuat karena ia mengingat lahan tempat Masjid Al-Jabbar berdiri merupakan aset pemerintah daerah. Sebagai pihak pemerintah, Dicky menyebut bahwa suksesnya sertifikasi harus didukung. 

Viral Pasangan Sesama Jenis Mesum di Masjid, Ini Sanksi yang Diterima

Ia berharap, ke depan hal ini menjadi contoh bagi masjid-masjid lainnya agar segera disertifikasi. “Karena kita dari pemerintahan jadi harus taat administrasi, kita juga mendukung program pemerintah untuk sertifikasi semua lahan, terutama di Jawa Barat,” terangnya.

Lebih lanjut Dicky menginformasikan, di dalam Masjid Al-Jabbar terdapat Galeri Rasullulah SAW dan Museum Sejarah Peradaban Islam. Dengan adanya dua fasilitas tersebut, selain tempat beribadah, Masjid Al-Jabbar juga menjadi sarana penambah ilmu pengetahuan Islam bagi masyarakat.

“Terima kasih sekali, tadi juga denger dari Pak Wamen (ATR/BPN) sudah melakukan akselerasi luar biasa seperti arahan presiden. Sekarang sudah tujuh juta layanan per tahun. Itu sangat luar biasa, sangat membantu kami yang bergerak di bidang aset pemerintahan, jadi terima kasih sekali. Semoga hasil kerja kerasnya bermanfaat buat rakyat dan semoga tetap semangat,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya