Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung, Jokowi Perintahkan Bandung-Surabaya Digarap

Menhub Budi Karya lakukan uji coba KA Cepat
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya – Proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya segera direalisasikan. Karena itu, setelah Kereta Cepat Jakarta-Bandung dirampungkan, kini relasi Bandung-Surabaya yang akan digarap. 

Detik-detik Pria Nekat Hampiri Presiden Jokowi, Mengadu Nasib Usai Gaji 6 Tahun Ditahan Negara

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengaku telah diperintahkan oleh Presiden Jokowi agar segera membuat blueprint proyek tersebut.

“Kami diperintahkan untuk membuat blueprint dari Bandung sampai ke Surabaya. Tentu apa yang kita buat adalah satu konsep yang meneruskan apa yang sudah kita letakkan pada dasar transformasi dari kereta cepat," kata Menhub Budi, di sela acara RUN HUB 2023 di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 8 Oktober 2023.

25 PSN Sektor Transportasi Sudah Rampung, Empat Proyek Dikebut Tahun Ini 

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Dia menambahkan, pemerintah telah membuktikan kereta cepat Jakarta-Bandung bisa terealisasi. Sehingga Jakarta-Bandung bisa ditempuh lebih cepat, yakni 3 setengah jam. Karenanya, pihaknya kemudian membuat mapping atau rancangan dengan variabel-variabel tertentu yang membuat kereta api nanti lebih efisien.

Polusi Naik Lagi, Komisi B DPRD DKI Beberkan Dampak Armada Bus Pakai BBM

Budi menuturkan, variabel perhitungan itu salah satunya terkait dengan biaya. Perhitungan biaya memperhatikan jalur atau jalan mana saja yang akan dilalui oleh kereta cepat tersebut. 

"Terus (terkait) cara, terus daya beli masyarakat, ini dihitung sebagai suatu optimalisasi," ujarnya.

Namun begitu, Menhub Budi menegaskan bahwa keberadaan kereta cepat itu bukan semata-mata untuk komersial. Keberadaan transportasi itu tentu harus ada tanggung jawab bersama baik pihak swasta atau pemerintah.

"Justru yang akan mendapatkan bangkitan ekonomi itu adalah kota-kota yang dilalui. Dan cost yang dikeluarkan pada kereta cepat, terbayarkan pada bangkitnya ekonomi di banyak daerah. Katakanlah Purwokerto, Cirebon, Jogja, Solo dan Surabaya, pasti akan kegiatan ekonomi bertambah," jelas Budi Karya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, menyatakan bahwa Pemerintah Kota Surabaya mendukung penuh rencana pengembangan relasi kereta cepat tersebut. Apalagi, Kota Surabaya dan Jakarta merupakan salah satu pusat bisnis di Indonesia.

Menurut politikus PDIP itu, apabila kereta cepat Jakarta-Surabaya terealisasi, maka masyarakat akan lebih banyak pilihan moda transportasi. Baik itu melalui jalur udara dengan pesawat maupun kereta cepat.

Meski demikian, Eri mengakui bahwa saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut antara Kemenhub dengan Pemkot Surabaya soal rencana tersebut. 

“Tapi itu yang dimasukkan Pak Menteri (Menteri Perhubungan) di perencanaan Kementerian Perhubungan. Semoga bisa terwujud," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya