BTN Catat Penyaluran Kredit UMKM Rp 3,5 Triliun hingga September 2023

Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

Jepara – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menegaskan komitmenya mendorong kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya dengan menggelar acara Workshop dan Pameran UMKM Go Digital di Jepara, Jawa Tengah, hari ini.

Pemprov Sumut Luncurkan Bus Perizinan, Harap Tingkatkan Kemudahan Berusaha

Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar dalam sambutannya mengatakan BTN sebagai salah satu BUMN memiliki tanggung jawab untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik. 

Menurutnya, Di tengah gencarnya ekonomi digital seperti saat ini, para pelaku UMKM harus  terus mengembangkan bisnisnya, agar dapat beradaptasi dengan baik.

Lion Parcel Ungkap Strategi Penetrasi Pasar ke Segmen UMKM dan Korporat

Ilustrasi Bisnis UMKM.

Photo :
  • Dok. Istimewa

“BTN sendiri sejauh ini telah melakukan berbagai program untuk mendukung para pelaku UMKM, seperti mendirikan Sentra Proses UMKM seperti rumah BUMN BTN yang tersebar di berbagai daerah seperti Medan, Brebes, Palembang, Palopo dan kota lainnya, serta memfasilitasi UMKM untuk dapat menembus pasar global," ujar Hirwandi di Jepara, Jawa Tengah, Selasa, 10 Oktober 2023.

Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMK Ditunda, Menag: Bentuk Keberpihakan Pemerintah

Dia mengingatkan, ekonomi digital yang semakin berkembang diharapkan akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu perlu kontribusi semua kalangan bisnis termasuk kontribusi dari sektor UMKM untuk dapat menggenjot kinerjanya.

“Sehingga maksud dan tujuan dari penyelenggaraan Workshop dan Pameran UMKM Go Digital ini adalah untuk mengembangkan potensi UMKM di setiap daerah khususnya pada saat ini daerah Jepara, agar bisa beradaptasi terhadap pasar digital," kata Hirwandi.

Dia menambahkan, posisi BTN sebagai market leader (39,1%) pada sektor mortgage, juga merupakan kontributor utama dalam program perumahan nasional dengan 83% market share BTN pada program tersebut. Selain itu, terdapat 178 industri terkait pada sektor perumahan sebagai pendorong perekonomian nasional. Bisnis UMKM juga termasuk yang turut berperan penting di dalamnya. 

"BTN mendukung Program Pemerintah dalam mengembangkan UMKM melalui pemberian fasilitas kredit KUMKM (Kredit Usaha Mikro, Kecil, & Menengah), KUR (Kredit Usaha Rakyat), dan PUMK (Pendanaan Usaha Mikro & Kecil)," jelasnya.

Secara keseluruhan, sampai dengan 30 September 2023, BTN telah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 3,5 triliun dalam skala nasional. Untuk wilayah yang mencakup Kab. Jepara (Kanwil 6), Bank BTN memiliki jumlah debitur yang mencapai 1.188 dengan total penyaluran KUMKM sebesar Rp 335 miliar.

Ilustrasi digitalisasi.

Photo :
  • Pixabay

"BTN senantiasa berupaya untuk memperluas penyaluran kredit demi mendukung ekspansi bisnis setiap UMKM. Selain dukungan pendanaan, program layanan edukasi digitalisasi UMKM diharapkan dapat menjadi bentuk nyata dukungan BTN dalam pengembangan bisnis UMKM," pungkasnya.

Sementara itu Praktisi Digital Marketing Rizqi Mulyantara Hidayat Syah menekankan bahwa di era digital seperti saat ini, para pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan social commerce. Sebab, merupakan gabungan dari sosial media dan e-Commerce untuk memperluas jangkauan produknya.

Dia juga menekankan bahwa para pelaku UMKM saat ini harus menguasai tiga skill untuk memasuki era digital yakni riset market, segmentasi produk serta branding produk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya