Sarana Jaya Jadi BUMD Jakarta Pertama Terima Sertifikat Manajemen Aset ISO 55001:2014

Perumda Pembangunan Sarana Jaya menerima sertifikat manajemen aset ISO 55001:2014
Sumber :
  • Dok. Sarana Jaya

Jakarta – Perumda Pembangunan Sarana Jaya (Sarana Jaya) mencetak sejarah baru bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta. Sarana Jaya menjadi BUMD pertama dalam implementasi dan sertifikasi ISO 55001:2014 tentang Sistem Manajemen Aset dari Lembaga Penilai Kesesuaian ICSM Indonesia.
 
Acara peluncuran sertifikasi ISO 55001:2014 tentang Sistem Manajemen Aset dan IT Security Manajemen Aset ini dihadiri oleh berbagai pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di antaranya, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Perwakilan dari BPBUMD Provinsi DKI Jakarta serta Perwakilan dari BPAD Provinsi DKI Jakarta.

Kerja Kolektif Mengembalikan Lagi Kepercayaan Jakmania kepada Persija

Langkah ini disebut menandai komitmen Sarana Jaya untuk mengadopsi praktik terbaik dalam manajemen aset, termasuk keamanan IT yang semakin penting di era digital ini.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Andira Reoputra  menyampaikan bahwa Sertifikasi ISO 55001:2014 merupakan prestasi atas berbagai pihak demi tercapainya pengelolaan perusahaan yang lebih baik. 

Jokowi Tunda Penerapan Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMKM hingga 2026, Ini Pertimbangannya

“Dengan telah diluncurkannya ISO 5500:2014 Sistem Manajemen Aset yang terintegrasi dengan Smart Apps IT Security Manajemen ini, diharapkan dapat mengoptimalkan aset yang kami miliki, sehingga kami dapat memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Jakarta,” Ucap Andira dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis, 2 Mei 2024.

Sertifikat ini disebut tidak hanya mengakui keunggulan operasional Sarana Jaya, tetapi juga memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa pengelolaan manajemen aset daerah dilakukan dengan standar internasional yang tinggi. Langkah ini diharapkan akan memacu BUMD lainnya di DKI Jakarta dan di seluruh Indonesia untuk mengadopsi praktik terbaik dalam manajemen aset.

Konsisten Inovasi dan Transformasi Digital, Bank Mandiri Raih ISO 56002 Kitemark

Pada kesempatan ini juga, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono  mengapresiasi langkah strategis Sarana Jaya ini. 

“Kami mengapresiasi sertifikasi yang diraih oleh Sarana Jaya ini, harapannya ke depan akan diduplikasi oleh BUMD-BUMD DKI Jakarta yang lainnya,” Ujar Joko dalam sambutannya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono.

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham.

Joko juga menegaskan bahwa BUMD harus menerapkan praktik bisnis yang transparan, efisien dan akuntabel dalam tiap proses bisnisnya.

Sarana Jaya sebagai bagian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ditegaskan berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong inisiatif seperti ini, yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pembangunan dan kemajuan Kota Jakarta. 

Keberhasilan Sarana Jaya dalam meraih sertifikasi ISO 55001:2014 disebut sebagai langkah awal yang penting dalam memperkuat infrastruktur sistem manajemen aset, teknologi dan bisnis kontinuiti di tingkat daerah demi wujudkan Sukses Jakarta untuk Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya