Mengawali Nikkei Forum 2024 di Tokyo, Para Pemimpin Global Berkumpul dalam Commemorative Dinner

Kemenko Airlangga menghadiri Commemorative Dinner
Sumber :
  • Kemenko Perekonomian

VIVA – Pada tanggal 20 Mei sampai dengan 22 Mei 2024, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Republik Korea untuk semakin meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi kedua negara. Pertemuan diadakan dengan sejumlah pengusaha Republik Korea terkait realiasi investasi di Indonesia yakni dengan CEO LG CNS terkait bidang layanan konsultasi manajemen data center serta Information and Communication of Technology (ICT), CEO Hyundai Motor Group terkait bidang pengembangan proyek hidrogen, dan dengan Chairman Lotte Chemical terkait dengan pembangunan industri petrokimia hilir lokal.

Menko PMK Usul Korban Judi Online Jadi Penerima Bansos, Airlangga: Judol Tidak Dapat Fasilitas

Dalam lawatan tersebut Menko Airlangga juga menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Gyeongsang National University (GNU) sebagai wujud pengakuan atas kemampuan personal dan profesional Menko Airlangga dalam meningkatkan hubungan kemitraan strategis kedua negara selama ini. Selain itu, Menko Airlangga juga berkesempatan mengadakan pertemuan bilateral dengan Minister of Trade, Industry and Energy (MOTIE) Korea Selatan Ahn Duk Geun untuk membicarakan kerja sama industri, perdagangan, dan juga di bidang transisi energi.

Pengembang Properti Jepang Hancurkan Kondominium Mewah Demi Pemandangan Gunung Fuji

Kemudian, Menko Airlangga bertolak ke Jepang untuk hadir mewakili Presiden RI Joko Widodo dalam acara Nikkei Forum 2024 di Tokyo yang pada kali ini mengambil tema “The Future of Asia 2024”. Para pemimpin politik, ekonomi, dan akademisi dari kawasan Asia- Pasifik akan menyampaikan pendapat mereka secara terbuka dan bebas mengenai isu-isu regional dan peran Asia di dunia dalam pertemuan tersebut. Pertemuan internasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Nikkei Inc. sejak 1995 tersebut dianggap sebagai salah satu konferensi global terpenting di Asia.

Mirip TikTok Shop, Pemerintah Waspadai Masuknya E-Commerce Temu Asal China

Selain pidato dari para pemimpin politik, acara ini juga akan mencakup serangkaian diskusi panel yang menampilkan para ahli dari berbagai bidang. Topik-topik yang akan dibahas antara lain kerja sama regional untuk membangun ekosistem digital, upaya Asia untuk mencapai nol karbon, peran Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan dalam keamanan regional di Asia Timur Laut, dan sebagainya. Lebih lanjut, Jepang dan ASEAN akan merumuskan strategi selama satu dekade ke depan dalam Nikkei Forum yang juga menjadi wadah opini bergengsi dunia tersebut.

Mengawali kegiatan Nikkei Forum 2024, para pemimpin global termasuk Menko Airlangga yang mewakili Presiden RI Joko Widodo menghadiri acara Commemorative Dinner yang dibuka dengan sambutan dari Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Acara ini juga dihadiri diantaranya PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Thailand Srettha Thavisin, Deputi PM Vietnam Le Minh Khai, Deputi PM Singapura Gan Kim Yong, Deputi PM Cambodia Sun Chanthol, Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn, mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad, serta dihadiri juga oleh sejumlah Chairman/ CEO perusahaan besar beserta para Profesor dari berbagai universitas ternama dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya