BNI Ventures Suntik Dana ke FIshlog, Genjot Kinerja Bisnis Perikanan RI

FishLog.
Sumber :
  • Dokumentasi Fishlog.

Jakarta – PT BNI Modal Ventura atau BNI Ventures (BNV) menyuntik pendanaan kepada startup aqua-tech, Fishlog. Suntikan itu bentuk komitmen dalam mendorong pertumbuhan dan pengembangan sektor perikanan berbasis teknologi di Indonesia.

Satu Korban Nelayan Tertimpa Rumah Kontainer Ditemukan, 6 Masih Hilang

Chief Executive Officer BNI Ventures Eddi Danusaputro mengungkapkan langkah strategis tersebut diharapkan dapat memperkuat ekosistem perikanan di Indonesia. Dan, mendorong pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan.

Pendanaan lanjutan Pra-Seri A ini tidak hanya disuntik BNI Ventures, tetapi juga melibatkan Mandiri Capital Indonesia, Accel Partners, Insignia Ventures Partners, dan Saison Capital.

10 Jurusan Kuliah yang Miliki Peluang Tinggi untuk Jadi Pengusaha

FishLog.

Photo :
  • Dokumentasi Fishlog.

"BNI Ventures menatap masa depan sektor perikanan Indonesia dengan optimisme yang dapat diwujudkan melalui platform inovatif seperti Fishlog," kata Eddi dikutip dari keterangannya, Senin, 17 Mei 2024.

Aplikasi MyPulsa Bagi-bagi Cuan, Begini Cara Dapatnya

Diketahui, Fishlog merupakan platform perikanan yang menghubungkan cold-chain storage perikanan nasional dengan melibatkan partisipasi komunitas. Platform ini bertujuan untuk meningkatkan utilitas penyimpanan dengan melibatkan lebih banyak nelayan, distributor, dan pembeli sehingga mempermudah rantai pasokan produk perikanan dengan proses yang efisien dan distribusi berkelanjutan.

Fishlog juga berkolaborasi dengan pemasok melalui model bisnis Joint Operation untuk mengembangkan bisnis bersama dan menyediakan dukungan pembiayaan bagi pelaku perikanan. Di sisi pembeli, Fishlog menciptakan pasar ikan digital untuk memfasilitasi transaksi dengan lebih efisien.

"Melalui platform Fishlog, efisiensi dan transparansi dalam rantai pasokan perikanan dapat ditingkatkan, menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi para pelaku industri perikanan di Indonesia, serta memberdayakan banyak tenaga kerja nelayan," ujarnya.

Gedung BNI

Photo :
  • BNI

Dengan memfasilitasi berbagai aspek bisnis, Fishlog membantu nelayan memperoleh pendapatan yang lebih baik dari hasil tangkapan mereka. Fishlog juga mendukung keberlanjutan sumber daya perikanan dengan pendekatan yang bijak dalam menangkap ikan.

"Melalui investasi di Fishlog, BNI Ventures berupaya untuk dapat meningkatkan keuangan inklusif bagi para nelayan, melalui sinergi produk dan layanan BNI group ke dalam ekosistem Fishlog mulai dari layanan transaksional, produk tabungan, hingga BNI Xpora," pungkas Eddi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya