Warren Buffet Ingin Beli Perusahaan Kecil di Eropa

Warren Buffett, miliarder saham terkenal
Sumber :
  • REUTERS/Jim Young

VIVA.co.id - Investor kelas kakap, Warren Buffet, menyatakan keinginannya untuk ekspansi dan sedang mencari perusahaan kecil-kecilan di Eropa Barat. Miliarder asal Amerika Serikat (AS) itu berminat membeli bisnis skala kecil dan memperbanyak cabang usaha di luar negeri.

"Kami ingin membeli lebih banyak bisnis di seluruh dunia," ujar Buffet, seperti dikutip Reuters, Kamis, 5 Februari 2015.

Buffet merupakan CEO Berkshire Hathaway Inc, perusahaan konglomerasi yang berbasis di Nebraska, AS. Selama 50 tahun terakhir, Berkshire telah membeli puluhan perusahaan di berbagai sektor, mulai dari asuransi hingga rel kereta api.

Selama ini sebagian besar investasi Buffet difokuskan di AS. Hal ini diakui dalam pernyataannya kepada pemegang saham Berkshire tahun lalu, di mana ia menulis dalam laporannya bahwa "the mother lode of opportunity resides in America."

Dengan tingkat pertumbuhan AS yang telah melampaui banyak negara berkembang dan valuasi yang meningkat, Buffet mengalami kesulitan mengembangkan investasi dengan membeli perusahaan besar. Dalam beberapa tahun terakhir ia telah mencatat bahwa betapa sulit menemukan apa yang disebutnya sebagai "gajah". Ini merujuk pada pengertian tentang akuisisi yang cukup besar untuk menggerakkan jangkar Berkshire Hathaway.

Oleh karena itu, Buffet juga meyakini bahwa Federal Reserve AS akan merasa kesulitan untuk menaikkan suku bunga tahun ini.

"Saya pikir itu akan menjadi sangat sulit untuk menaikkan suku bunga ketika Anda punya apa yang ada di seluruh dunia," kata dia.


Baca juga:

Miliarder Tua Ini Pantang Pensiun
Warren Buffet

Warren Buffet Tantang Donald Trump Buka-bukaan Data Pajak

Dia juga siap buka data pajaknya ke publik.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016