Kecil dan Indah, Begini 10 Negara Terkecil di Dunia

Ilustrasi negara.
Ilustrasi negara.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Negara-negara di dunia ini memiliki luas yang berbeda-beda, ada yang sangat besar, sedang namun ada juga negara terkecil di dunia . Walapun kecil, negara ini memiliki geografis yang indah, sejarah yang panjang dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sebagai negara terkecil di dunia negara ini tetap bisa eksist menjalankan pemerintahan, mengatur masyarakatnya dan membangun ekonomi negaranya. Jika dibandingkan dengan negara-negara besar memang sangat jomplang akan tetapi negara ini tetap bisa menjadi daya tarik dunia dengan keunikannya.

Negara apa saja yang termasuk negara terkecil di dunia, berikut ulasannya.

1. Vatican City State

Negara terkecil di dunia pertama yaitu Vatican City State. Negara berdaulat terbersih di dunia dengan luas kurang lebih 44 hektar dan penduduk sekitar 1000. Negera terkecil ini bukan berarti kalah dengan negara besar, Vatican City State memiliki sejarah budaya yang panjang dan karya seni yang menarik bagi para wisatawan.

Diantaranaya Basilika Santo Petrus mahakarya barok, Kapel Sistina yang dilukis dengan megah oleh Michelangelo dan Museum Vatikan yang memiliki koleksi karya seni terkaya di dunia.2. MonacoNegara terkecil di dunia kedua yaitu Monaco, negara bagian di French Riviera ini berukuran lebih dari dua kilometer persegi namun terus bertambah, karena reklamasi tanah.

Negara ini termasuk negara yang padat penduduknya. Memiliki pemandangan yang menarik mulai dari istana, katedral dan sejumlah tempat wisata yang menyenangkan, Museum Oseanografi yang luar biasa dan kasino serta sirkuit balap mobil.