Profil Timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2022 Qatar, Optimis Jadi Juara Grup

Timnas Kosta Rika
Sumber :
  • liveworldcupodds.com

VIVA Bola – Timnas Kosta Rika adalah peserta terakhir yang akan berlaga di Piala Dunia 2022. Perjuangan Kosta Rika menuju Qatar tidaklah mudah, mereka berhasil mengamankan satu tiket tersisa lewat babak playoff terlebih dahulu. Seperti diketahui, hanya ada empat wakit dari Concacaf yang boleh berlaga di Qatar, dan Kosta Rika adalah negara terakhir. 

Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

Perjalanan Kosta Rika menuju Qatar patut diacungi jempol, karena Keylo Navas dan kolega berhasil melewati berbagai rintangan. Tantangan itu diawali ketika mereka berlaga di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia zona Concacaf. Dari empat tiket yang ada, hanya tiga tim teratas yang berhak langsung melaju ke putaran final Piala Dunia 2022. 

Sedangkan tim urutan keempat harus bermain di babak playoff antar konfederasi. Kosta Rika harus rela berada di urutan keempat dengan tiga teratas dihuni oleh Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Mau tidak mau, Kosta Rika harus berjuang lewat babak playoff dengan menghadapi zona Oseania, yaitu Selandia Baru. 

DPD Golkar DKI Gelar Nobar Semi Final Piasa Asia U-23, Ahmed Zaki Pede Indonesia Menang

Piala Dunia 2022

Timnas Kosta Rika merayakan gol

Photo :
  • Twitter/@FIFAWorldCup
Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi ajang tingkat dunia ke-6 bagi Kosta Rika. Sebelumnya, anggota Concacaf ini sudah tampil dalam edisi 1990, 2002, 2006, 2014, dan 2018. Prestasi terbaik tim ini adalah mencapai babak final yang terjadi pada Piala Dunia 2014. Kala itu, Kosta Rika harus berada di grup neraka bersama Uruguay, Italia, dan Inggris. 

Tapi, mereka mampu finis sebagai juara grup dengan perolehan tujuh poin. Sementara itu, di Qatar 2022, Kosta Rika kembali masuk grup yang berat. Mereka berada dalam satu grup dengan dua raksasa Eropa, Spanyol dan Jerman, serta wakil Asia, Jepang. Mereka mengusung pemain hebat dari Benua Amerika. Salah satu sosok terkenal adalah kiper PSG, Keylor Navas. 

Keylor Navas

Keylor Navas

Photo :
  • instagram

Dia adalah sosok yang paling disorot di Timnas Kosta Rika. Pengalamannya bermain di Real Madrid dan Paris Saint Germain, adalah suntikan moral yang besar untuk pemain lainnya. Kiper berusia 35 tahun ini memiliki pengaruh besar untuk Timnas Kosta Rika. Ia sudah mengoleksi 107 caps dan bermain dua kali di putaran final Piala Dunia. 

Pemain Kosta Rika ini kebanyakan sudah berusia di atas 30 tahun. Seperti halnya sang kapten, Bryan Ruiz (36). Kapten Timnas ini pernah bermain di beberapa klub Eropa. Bahkan, pernah membawa Twente menjuarai Liga Belanda. Gelandang serang yang saat ini membela Alajuelense ini sudah memperkuat Kosta Rika sebanyak 143 caps. 

Pelatih

Timnas Kosta Rika

Photo :
  • liveworldcupodds.com

Di bawah arahan Luis Fernando Suarez Guzman, Kosta Rika akan mengarungi Piala Dunia 2022. Pelatih berusia 62 tahun tersebut memiliki sejumlah pengalaman dalam melatih negara benua Amerika, seperti Kolombia, Ekuador, Peru, Honduras, dan Meksiko. Suarez ditunjuk jadi pelatih Kosta Rika pada 1 Juni 2021. Dia menggantikan posisi Ronald Brenes. 

Dalam 21 pertandingan di bawah arahannya, Kosta Rika pernah meraih 12 kemenangan, 4 imbang, dan 5 kalah. Secara catatan, dia memang belum mempunyai torehan mentereng. Tapi, dia memiliki modal menerapkan gaya pemain Amerika Selatan. Hal ini tidak sulit untuknya dengan pengalaman melatih negara Amerika Latin. 

Satu lagi yang harus diingat, tangan dingin Suarez pernah terbukti pada Piala Dunia 2006 ketika menukangi Ekuador. Ia berhasil membawa Ekuador lolos ke 16 besar. Suarez mempunyai rekam jejak yang apik ketika mengatur tim underdog. Di atas kertas La Sele memang tak diunggulkan, tapi dia memilih optimis kalau bisa berbuat banyak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya