Tekuk Persiwa, Persipura Juara Paruh Musim

VIVAnews-Persipura Jayapura akhirnya keluar sebagai juara paruh musim Liga Super Indonesia (LSI) 2008. Menjamu Persiwa Wamena pada petandingan terakhir putaran pertama di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu, 25 Oktober 2008, Persipura unggul 2-0.

Tambahan tiga angka membuat langkah Persipura tak terkejar. Dengan mengoleksi 39 poin, tim berjuluk Mutiara Hitam itu untuk sementara tak tergusur lagi dari posisi pemuncak klasemen.

Sebaliknya, kekalahan tadi membuat posisi Persiwa Wamena di tempat kedua tak aman. Sebab, koleksi 35 poin masih mungkin dilewati oleh Sriwijaya FC yang masih menyisakan dua pertandingan lagi.

Duel Persipura kontra Persiwa berjalan sesuai prediksi. Kedua tim tampil maksimal dan bermain dalam tempo cepat. Namun, tim tamu akhirnya harus mengakui keunggulan tuan Persipura lewat  dua gol yang dicetak Victor Igbonefo menit 17" dan Albeto Goncalves menit ke 75".

Bagi Persipura kemenangan ini seakan menghapus trauma  stadion Mandala yang kerap tak akrab bila menjamu Persiwa.  Selama dua musim Persipura selalu kalah ketika bertemu Badai Pegunungan-julukan Persiwa Wamena-di depan publik sendiri.

"Kuncinya ada pada kedisiplinan pemain dalam melakukan marking terhadap lawan, selain itu, mereka mampu memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada," ujar Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago kepada wartawan GOSport seusai pertandingan.

Jalannya Pertandingan
Sejak kick off babak pertama ditiup wasit Aeng Suarlan, tim tamu justru langsung membuka peluang pada menit kedua babak pertama. Aksi Pieter Rumaropen sempat membuat barisan pertahanan Persipura kaget. Beruntung, Pieter tak mampu merubah peluang itu menjadi gol.

Tak lama berselang, tuan rumah mulai bangkit. Edward Ivakdalam dan kawan-kawan langsung balas dengan bermain dari kaki ke kaki dan diakhiri dengan finishing ke gawang Persiwa.

Usaha ini akhirnya berbuah manis, sepak pojok mantan pemain Arema Ortizan Solossa dengan baik dimanfaatkan Victor Igbonefo yang melakukan pergerakan dari  lini kedua. Tandukan Victor berhasil menggetarkan gawang Persiwa. Skor 1-0 ini langsung membuat gemuruh stadion Mandala menjadi gempar. 

Ketinggalan 0-1, tim tamu mulai meningkatkan tempo permainannya. Beberapa kali aksi Bookay Foday dan Benoit  Lumineau bersama Pieter Rumaropen mampu mengancam gawang Jandry Pitoy. Namun, hingga jeda babak pertama skor tetap 1-0 untuk Persipura. 

Di babak kedua, sorak sorai Persipuramania bertambah dasyat saat umpan crossing Bio Paulin Piere di curi dengan cerdik oleh Albeto dengan memanfaatkan kelengahan kiper  Persiwa.Dan lagi-lagi Beto menjadi penambah pundi-pundi gol tuan rumah pada menit ke  75" ini.

Dana Otsus Papua Dioptimalkan untuk Pembangunan Fisik Pendidikan dan SDM
Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik

Transaksi Aplikasi Kopra Bank Mandiri Capai Rp4.800 Triliun, Pengguna Naik 2 Kali Lipat

PT Bank Mandiri Tbk mengumumkan bahwa nilai transaksi wholesale digital melalui aplikasi Kopra by Mandiri yang telah dikelola mencapai Rp4.800 triliun kuartal I-2024.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024