Cukur Laos, Indonesia Perbesar Peluang Lolos ke 16 Besar

Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly (kanan), melakukan selebrasi
Sumber :
  • INASGOC/Jessica Margaretha/sup

VIVA – ?Timnas Indonesia U-23 membuka asa untuk lolos ke babak 16 besar usai mencukur Laos tiga gol tanpa balas. Alberto Goncalves menjadi bintang dengan catatan dua gol.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Pasukan Luis Milla Aspas langsung menekan sejak awal pertandingan. Stefano Lilipaly mendapat peluang pertama melalui tandukannya yang memanfaatkan umpan Febri Hariyadi. Sayang, usaha pemain Bali United masih mampu diamankan kiper Laos, Saymanolinh Paseuth.

Indonesia baru membuka keunggulan pada menit 14. Alberto Goncalves mendapat umpan tarik dari Saddil Ramdani yang terlebih dulu meliuk-liuk di sisi kiri pertahanan Laos. Sepakannya di depan gawang gagal dihalau Paseuth.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Terus-menerus membombardir pertahanan lawan, tapi tak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Tim Merah Putih langsung menggebrak ketika babak kedua baru dimulai tepatnya menit 47. Kerja sama Stefano Lilipaly dan Beto di dalam kotak penalti diakhiri pemain naturalisasi dengan sepakan kaki kiri yang keras dan terarah yang gagal diantisipasi kiper Laos.

Piala AFF 2022: Timnas Vietnam Tertahan, Drama 4 Gol Myanmar Vs Laos

Unggul dua gol, Evan Dimas Darmono cs tak lantas mengendurkan serangan. Mereka justru semakin bernafsu untuk menambah keunggulan.

Akhirnya, tambahan gol yang ditunggu datang pada menit 75. Berawal dari umpan lambung Febri Hariyadi, bola yang masih di udara ditanduk oleh Hansamu Yama Pranata dan bola liar langsung disambar Ricky Fajrin ke dalam gawang yang kosong.

Tekanan yang dilancarkan Indonesia membuat Laos tak bisa bermain lepas. Namun, berbagai peluang yang tercipta gagal menambah keunggulan. Skor 3-0 tetap bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Laos: Saymanolinh Paseuth (PG); Xayasith Singsavang, Xouxana Sihalath (Kydavone Souvanny 81'), Aphixay Thanakhanty, Phoutthasay Khochalern (Kiengthavesak Xayxanapanya 72'), Lathasay Lounlasy, Bounphachan Bounkong, Tiny Bounmalay, Phitack Kongmathilath, Phoutone Innalay, Soukchinda Natphasouk.

Indonesia: Andritany Ardhiyasa (PG); I Putu Gede, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanussa, Zulfiandi, Evan Dimas Darmono (Hanif Sjahbandi 81'), Stefano Lilipaly, Saddil Ramdani (Irfan Jaya 63'), Febri Hariyadi, Alberto Goncalves (Ilham Udin Armaiyn 72').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya