Sejarah Buruk Hantui Timnas U-19 di Laga Krusial

Ilustrasi pertandingan Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Timnas Indonesia U-19, kembali harus berhadapan dengan Uni Emirat Arab dalam partai penentuan nasib di Piala Asia, Rabu 24 Oktober 2018. Keduanya akan bentrok di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Terpopuler: Hasil Apik Timnas Indonesia U-23, Anthony Ginting Tembus Olimpiade 2024

Beban berat diemban oleh Timnas U-19. Kemenangan saja tak cukup.

Pasukan Garuda Nusantara harus bisa memenangkan pertandingan atas UEA, dengan margin empat gol jika ingin lolos dengan aman.

Erick Thohir: Kemenangan Lawan UEA Tambah Semangat Timnas Indonesia Tatap Piala Asia U-23

Tugas yang berat, namun bukan berarti mustahil. Ada catatan bagus yang dimiliki Timnas U-19, saat jumpa UEA. Dalam empat pertemuan terakhir, Timnas U-19 mampu menang dua kali atas UEA.

Namun, itu hanya terjadi di partai persahabatan. 11 April 2014, Timnas U-19 pernah menang besar atas UEA, 1-4 dalam partai uji coba. Lima hari berselang, mereka kembali menang dengan skor 2-1.

Timnas Indonesia U-23 Bekuk Uni Emirat Arab, Shin Tae-yong Soroti Kekurangan Ini

Hasil berbeda didapatkan Timnas U-19, saat jumpa UEA di Piala Asia 2014. Berhadapan di partai pamungkas, Timnas U-19 malah dibantai, 1-4.

Uni Emirat Arab U-19 vs Timnas Indonesia U-19

Itu menjadi kekalahan yang paling tragis bagi Timnas U-19 di Piala Asia 2014. Sebab, kekalahan dari UEA, memastikan Timnas U-19 pulang tanpa satu poin pun.

Ditambah, secara umum, rekor pertemuan Timnas U-19 dengan tim asal Timur Tengah di Piala Asia cukup buruk. Belum ada kemenangan yang berhasil diraih Timnas U-19 di Piala Asia dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya