Komunikasi dan Pertahanan, Kunci Timnas Indonesia Lawan Thailand

Skuat timnas Indonesia di Piala AFF 2018
Sumber :
  • instagram.com/pssi__fai/

VIVA – Usai mengalahkan Timor Leste di laga kedua babak penyisihan grup Piala AFF 2018, Timnas Indonesia langsung fokus menghadapi Thailand. Pertandingan melawan Thailand akan berlangsung pada Sabtu, 17 November 2018 di Stadion Rajamangala, Thailand.

Piala AFF U-19 2024 Digelar di Surabaya

Indonesia menang atas Timor Leste dengan skor 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa, 13 November 2018. Dengan hasil tersebut, Thailand, Indonesia, Filipina dan Singapura memiliki poin sama, tiga. Sedangkan Timor Leste terpuruk dasar klasemen dengan poin nol.

Pelatih Bima Sakti mengatakan, salah satu yang menjadi bahan evaluasi dari laga melawan Timor Leste adalah masalah lini belakang dan komunikasi. Dia berharap saat menghadapi Thailand hal seperti itu tidak terjadi lagi.

Di Usia 94 Tahun, PSSI Optimistis Masa Depan Sepakbola Indonesia Cerah

"Yang pasti kita harus fokus lebih saat lawan Thailand karena mereka bermain di kandang dan mereka juga tim yang kuat di Asia Tenggara. Perlu kerja keras dan fokus untuk memperbaiki organisasi bertahan. Bukan hanya itu, namun juga menyerang secara kolektif," kata Bima sebelum berangkat ke Thailand, Rabu, 14 November 2018 di Hotel Sultan, Jakarta.

"Masalah komunikasi dan organisasi kemarin perlu diperbaiki. Kemarin laga berat buat kami, karena bagaimana kami bisa bangkit usai kalah lawan Singapura. Secara psikis, mental harus bangkit untuk memenangkan pertandingan, saya sangat salut dan menghargai mereka," tambah pria 42 tahun ini. 

Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2025

Menurut Bima, melawan Thailand nanti dia sangat membutuhkan pemain yang berpengalaman. Oleh karena itu, Bima pun akan melakukan rotasi pemain.

"Yang pasti kita butuh pemain yang punya mental baik dan kondisi yang juga baik. Kita akan mencoba lakukan rotasi pemain dan diharapkan pemain senior dapat memberikan nilai lebih karena pengalaman mereka di pertandingan nanti," jelas Bima.

Di antara pemain yang dibawa Bima, mereka yang pernah membela Indonesia di final Piala AFF 2016 dan melawan Thailand yakni Bayu Pradana, Rizki Pora, dan Fachruddin Ariyanto. (one)

Lihat liputan VIVA.co.id saat melihat comeback dramatik Timnas Indonesia atas Timor Leste di Piala AFF kemarin? Cek langsung dalam Matchday Vlog di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya