Kata Striker Indonesia Saat Juara SEA Games 1991

Widodo Cahyono Putro
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Indonesia akan menghadapi Thailand di final SEA Games 2013. Ini merupakan duel ulangan final SEA Games 1991.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Saat itu, Tim Merah Putih sukses keluar sebagai juara dengan menundukkan Thailand 4-3 lewat adu penalti. Sebelumnya, kedudukan imbang 0-0 dalam awaktu normal dan babak tambahan.

Mirip dengan kondisi saat ini, saat itu Indonesia tidak diunggulkan. Namun, hal tersebut justru membuat para pemain tampil tanpa beban sehingga sukses merebut medali emas. Hal tersebut diungkapkan salah satu striker skuad SEA Games saat itu, Widodo Cahyono Putro.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

"Saat itu, Thailand lebih diunggulkan. Namun, itu justru membuat kondisi lebih enak. Para pemain tampil tanpa beban," kata Widodo saat dihubungi VIVAbola, Jumat 20 Desember 2013.

"Kami pergi ke Manila dengan kepercayaan diri tinggi setelah berlatih selama 3 bulan. Memang sejak awal kami sudah yakin akan menembus partai final," lanjut mantan pemain Petrokimia Gresik dan Persija Jakarta ini.

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Widodo lalu berkomentar mengenai skuad SEA Games dulu dan saat ini. Menurutnya, kondisi dulu dan sekarang sudah tak bisa dibandingkan karena zaman memang sudah berubah.

Taktik yang diterapkan pun berbeda. Dulu sepakbola mengandalkan kekuatan dengan langsung melepaskan tendangan ke arah gawang. Sekarang sudah banyak variasi taktik dan sepakbola bisa dimainkan dari kaki ke kaki.

"Sekarang sepakbola sudah lebih maju dan semakin berkembang, jadi memang sulit dibedakan. Mungkin saat ini bayaran pemain lebih tinggi. Namun, jika bicara nasionalisme, pemain sekarang dan dulu memiliki nasionalisme yang sama-sama tinggi," ungkap Widodo.

Mengenai peluang Indonesia di final, Sabtu 21 Desember 2013, Widodo berharap Tim Merah Putih mendapatkan hasil yang terbaik.

"Secara nasionalisme, tentu saja saya berharap Indonesia menang. Melihat dari permainan, kedua tim berimbang," katanya. (one)

Lihat berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya