PSSI Siap Ambil Jalur Hukum Terkait Tuduhan Aktivis SOS

Pemain Timnas U-19 di Tur Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika

VIVAbola - PSSI mengambil langkah hukum terkait tuduhan yang dilayangkan aktivis Save Our Soccer (SOS), Apung Widadi. Tuntutan secara hukum kepada Apung didasarkan atas tuduhan sang aktivis terkait pengelolaan dana timnas U-19 yang diselewengkan.

Beberapa waktu lalu, Apung sempat menuliskan sebuah pernyataan yang mengejutkan. Pernyataan itu ia tulis di laman facebook pribadi miliknya yang tertuju pada Forum Diskusi Sepakbola Indonesia. "Kasihan ya timnas U-19, pendapatan dari hak siar SCTV sebesar 16 M diputar LNM untuk membiayai Persebaya palsu," tulis Apung ketika itu.

Sebenarnya, tulisan Apung di laman facebooknya tidak langsung menjurus ke PSSI. Dia hanya menuliskan inisial LNM yang mengacu pada Wakil Ketua Umum PSSI yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Tim Nasional, La Nyalla Mattalitti.

Namun menurut Direktur Legal PSSI, Aristo Pangaribuan, tudingan Apung ini juga secara tak langsung menyudutkan PSSI. "Coba perhatikan kata-kata 'timnas U-19'. Dari situ terlihat dia ingin menyudutkan PSSI. Timnas U-19 pada dasarnya di bawah yurisdiksi PSSI. Dan PSSI merasa tersinggung dengan ucapan Apung. Kami terima kritik dari masyarakat, tapi caranya tolong yang baik," kata Aristo.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

"Dengan ini, kami dari Divisi Legal PSSI melayangkan somasi kepada saudara Apung Widadi. Kami mengundang Apung untuk membuktikan tulisannya di facebook. Dalam waktu 2x24 jam, kami tunggu klarifikasinya," lanjutnya.

Menurut Aristo, pihaknya akan mengajukan dua tuntutan kepada Apung. Pertama adalah pencemaran nama baik, dan kedua, penyebaran berita bohong lewat media sosial. "Dia bisa terjerat dua pasal, pidana dan UU ITE. Untuk UU ITE, dia bisa kami jerat dengan pasal 27 ayat 3 No. 11 tahun 2008. Hukumannya paling lama 3 tahun penjara," ucap Aristo.

Bantahan dari tuduhan Apung ini juga disampaikan sekertaris Badan Tim Nasional, Sefdin Syaifuddin. "Uang yang didapat dari hak siar SCTV digunakan untuk Tur Nusantara. Tidak benar kalau itu digunakan untuk membiayai Persebaya," timpal Sefdin Syaifuddin.

Sementara itu, Apung belum memberikan statement apapun kepada awak media mengenai tulisannya itu. Saat dikonfirmasi lewat pesan singkat dan dihubungi ke nomor telepon miliknya, Apung, sama sekali tidak memberikan respon. (adi)

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022