Analisis Pelatih: Timnas U-23 Kalah Wajar, Bukan Diatur

Pemain Timnas Indonesia U-23, Zulfiandi, di SEA Games 2015
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
VIVA.co.id
Usai Umumkan Gabung Chelsea, Conte Terancam Penjara
- Dua pelatih yang mengaku pernah menjadi korban praktek pengaturan skor, Agus Yuwono dan Gunawan, tak percaya timnas Indonesia U-23 terlibat dalam "permainan kotor".

FIFA Perpanjang Hukuman Para Pengatur Skor di Italia

Bagi Agus, Garuda Muda memang kalah wajar dalam laga itu. Mantan pelatih Persidafon Dafonsoro dan Persegres Gresik United itu melihat tak ada sesuatu yang ganjal dalam pertandingan timnas U-23 di SEA Games 2015.
Kasus Pengaturan Skor di Liga Belanda Mulai Terkuak


"Saya tahu pemain itu sengaja mengalah atau tampil tak dengan performa terbaik. Saya nonton timnas main, dan bagi saya, mereka kalah dengan hal yang wajar," kata Agus dalam konferensi pers di 3 Wise Monkeys, Senopati, Jakarta, Rabu 17 Juni 2015 sore tadi.


Hal senada juga disampaikan mantan arsitek Persipur Purwodadi, Gunawan. Dia lantas mengungkapkan ciri-ciri pertandingan yang telah diatur hasil akhirnya.


"Pengalaman saya adalah, pertandingan yang diatur ini gol terjadi di atas menit ke-20. Lalu, bisa juga terjadi di menit 80 sampai 90," tutur Gunawan.


"Kalau timnas U-23, semua golnya terlihat normal. Mereka memang terlihat kelelahan yang luar biasa. Dan secara teknis serta organisasi permainan, mereka kalah dari Thailand dan Vietnam," lanjutnya.


Isu pengaturan skor yang melibatkan timnas U-23 di SEA Games 2015 berkembang saat terungkapnya isi pembicaraan antara BS dan Das. Dalam pembicaraannya, BS dan Das memprediksi timnas U-23 akan kalah saat bertemu Thailand di semifinal dan Vietnam di perebutan medali perunggu.


Namun, rekaman ini masih belum bisa diverifikasi kebenarannya. Masih banyak yang meragukan keaslian rekaman ini karena dinilai ada beberapa hal yang ganjal.


Kuasa hukum #IndonesiaVsMafiaBola pun belum berani menyebut rekaman ini sebagai bukti adanya pengaturan skor yang dilakukan oleh timnas U-23 di SEA Games.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya