Tiga Senjata Thailand yang Mesti Diwaspadai Indonesia

Striker timnas Thailand, Teerasil Dangda merayakan gol
Sumber :
  • affsuzukicup

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia menjamu Thailand di final leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong pada Rabu 14 Desember 2016. Sebagai tuan rumah, Skuat Garuda diharapkan bisa mencuri kemenangan pada pertandingan nanti.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Akan tetapi, untuk mencapai harapan tersebut tidak mudah. Karena Thailand saat ini sedang dalam tren positif. Dalam lima pertandingan yang dilakoni, skuat asuhan Kiatisuk Senamuang selalu sukses memetik kemenangan.

Dengan bekal kepercayaan diri itulah, kemudian tim berjuluk The War Elephants makin dijagokan untuk menjadi juara Piala AFF 2016. Andai benar terjadi, mereka akan menjadi satu-satunya tim yang bisa meraih lima gelar juara ajang dua tahunan di Asia Tenggara itu.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Meladeni Indonesia di depan publiknya sendiri, Thailand bisa mengandalkan tiga pemain yang ibarat menjadi senjata mereka selama mentas di Piala AFF 2016. Ketiganya patut mendapatkan pengawasan ekstra dari tim tuan rumah.

1. Teerasil Dangda

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Penyerang sekaligus kapten Thailand ini memiliki torehan gol luar biasa. Dia bertengger di puncak daftar top scorer dengan jumlah lima gol, dan tiga di antaranya masuk ke gawang Indonesia yang dijaga Kurnia Meiga Hermansyah di pertandingan perdana fase Grup A lalu.

Pemain yang pernah merumput di La Liga bersama Almeria itu juga memiliki tekad besar di Piala AFF kali ini. Mempersebahkan gelar juara bagi publik Negeri Gajah Putih adalah tujuan utamanya.

"Saya tidak pernah mencari gelar juara untuk diri sendiri, dan saya ingin mempersembahkan gelar juara Piala AFF sebagai hadiah tahun baru bagi masyarakat Thailand," ujarnya dikutip dari Fourth Official.

2. Chanatip Songkrasin

Masih berusia 23 tahun, namun prestasi gelandang serang andalan The War Elephants ini sudah mempersembakan gelar membanggakan. Dia turut andil dalam dua medali emas SEA Games 2013 dan 2015 yang diraih Thailand.

Chanatip juga sudah pernah merasakan gelar juara Piala AFF 2014 lalu. Dan kini, pemain Muangthong United tersebut ingin mempertahankan prestasi skuat asuhan Kiatisuk Senamuang dalam beberapa tahun belakangan.

Apalagi, dia sudah membuka kran gol di Piala AFF 2016. Melakoni semifinal leg kedua melawan Myanmar pekan lalu, Chanatip menyempurnakan kemenangan Thailand menjadi 4-0. Itulah alasan mengapa pemain Indonesia mesti waspada kepada pria yang dijuluki Lionel Messi dari Thailand ini.

3. Sarawut Masuk

'Joker' timnas Thailand ini sudah mencatatkan tiga gol sepanjang Piala AFF 2016. Kemampuannya dalam memanfaatkan celah dalam pertahanan lawan tak perlu lagi diragukan. Singapura punya pengalaman tak mengenakkan dengannya.

Bermain bertahan selama pertandingan melawan Thailand di fase Grup A lalu, gawang Singapura akhirnya kebobolan ketika pertandingan sebentar lagi usai. Sarawut dengan pergerakannya di dalam kotak penalti mampu menyambut umpan silang dengan sundulan.

Begitu pula saat melawan Filipina di fase yang sama. Ketika pertandingan memasuki menit ke-81, Sarawut kembali menjadi pemecah kebuntuan. Dia menjadi satu-satunya pencetak gol di pertandingan tersebut.

Dan Indonesia mesti berhati-hati dengan pemain berusia 26 tahun ini. Sebab, dia punya kenangan indah ketika berhadapan dengan Skuat Garuda di ajang SEA Games 2013 Myanmar lalu.  Gol debutnya bersama timnas Thailand terjadi ketika mereka menang 1-0 atas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya