Statistik Ini Bikin Indonesia Berada di Atas Angin

Indonesia Tekuk Thailand 2-1 di Final AFF Leg Pertama
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Indonesia sementara unggul atas Thailand dalam final Piala AFF 2016. Dalam pertemuan pertama yang digelar Rabu 14 Desember 2016, di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Indonesia menang dengan skor 2-1.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Hasil ini membuat Indonesia berada di atas angin. Pasukan Garuda hanya butuh hasil imbang saat bertandang ke Rajamangala Stadium, Sabtu 17 Desember 2016, mendatang.

Peluang Indonesia menjadi juara Piala AFF kali ini juga didukung statistik final Piala AFF. Sejak berformat dua leg pada 2004 silam, pemenang pertemuan pertama selalu menjadi juara.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Tak cuma itu, Thailand juga memiliki rekor buruk saat melakoni final dengan format dua leg. Dari tiga final, dengan format dua leg, yang sudah dilakoni, Thailand cuma menang sekali.

Itu terjadi pada Piala AFF 2014 silam. Ketika itu, Pasukan Gajah Tempur menang tiga gol tanpa balas atas Malaysia di Rajamangala Stadium, di pertemuan pertama.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Pada leg kedua yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Thailand kalah dengan skor 2-3. Hasil tersebut membuat Thailand unggul dengan agregat 4-3.

"Tentu, kami punya peluang. Kini, kami diuntungkan karena sedang unggul. Pertandingan belum berakhir. Masih ada pertemuan kedua. Kami masih hidup dan bisa mewujudkan mimpi," kata pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya