63 Tahun Liga Champions, MU Belum Pernah Jumpa Sevilla

Para pemain Sevilla merayakan gol
Sumber :
  • REUTERS/Jon Nazca

VIVA – Sevilla jadi lawan Manchester United di babak 16 besar Liga Champions. MU akan melawat ke Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, dalam laga leg 1 babak 16 besar Liga Champions 2017/2018, Kamis 22 Februari 2018 dini hari WIB.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Sejumlah fakta menarik jadi bumbu penyedap jelang duel ini. Dikutip data BBC, MU belum sekalipun pernah jumpa Sevilla di ajang resmi.

Laga nanti akan jadi yang perdana bagi kedua tim saling jegal di kompetisi resmi Eropa, khususnya di ajang Liga Champions sejak digelar 63 tahun silam.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Meski demikian, Sevilla sebelumnya pernah mengalahkan MU 3-1 dalam sebuah laga persahabatan, dalam laga yang digelar di Old Trafford Agustus 2013.

Kekalahan itu memang sudah lama. Namun, MU wajib mendobrak rekor buruk saat melawat ke markas tim-tim dari Spanyol.

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

Dalam tujuh pertemuannya dengan tim-tim Spanyol, khusus di babak 16 besar Liga Champions, MU hanya mampu mencetak tujuh gol dalam 14 pertandingan.

Bukan cuma MU yang punya rekor buruk, Sevilla juga. Pasukan Vincenzo Montella empat kali lolos ke fase knock out dalam lima tahun terakhir Liga Champions. Namun, dari kesemua kesempatan tersebut Sevilla kerap terhenti langkahnya juga di babak 16 besar.

Dikutip BBC, selain beberapa fakta tersebut ada beberapa data lainnya jelang duel Sevilla kontra MU.

Berikut enam catatan fakta menarik jelang duel Sevilla kontra MU:

- Ini adalah pertemuan pertama antara Sevilla dan MU di ajang kompetitif. Sebelumnya, perjumpaan kedua tim hanya di laga persahabatan pada 2013. Kala itu, Sevilla mampu menggasak MU 3-1.

- MU hanya mampu mencetak tujuh gol dalam 14 pertandingan Liga Champions, dengan lawan khusus dari Spanyol.

- Sevilla kembali menembus fase knock out (16 besar) Liga Champions. Ini adalah kesuksesan keempat dalam lima penampilan armada Los Nervionenses di Liga Champions. Namun, Sevilla tak sekalipun berhasil lolos ke babak perempat final selama pencapaiannya tersebut.

- Sevilla tak pernah mampu mencetak clean sheet di babak 16 besar Liga Champions. Sevilla juga hanya mampu memetik dua kemenangan dalam tiga pertandingan saat menjamu lawan Ramon Sanchez Pizjuan.

- Meski demikian, Sevilla adalah tim ketiga dengan persentase kemenangan kandang terbesar di Liga Champions. Sevilla mencatat 72 persen kemenangan kandang, berada di bawah Barcelona (73 persen), serta Real Madrid (76 persen).

- MU memetik lima kemenangan dari enam pertandingan fase grup. Catatan ini adalah yang tertinggi yang dibuat armada Setan Merah sejak terakhir 2007/2008.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya