Unik, Suporter Indonesia dan Palestina Rela Siapa pun yang Menang

Suporter Indonesia di Sepakbola Asian Games 2018
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi lawan berat Timnas Palestina U-23 dalam lanjutan fase Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Rabu 15 Agustus 2018.

Terpopuler: Timnas Indonesia Dihajar Australia, Pemain Palestina Sedih dan Doa Pelatih Sandy Walsh

Timnas Palestina U-23 untuk sementara memuncaki klasemen sementara dengan raihan 4 poin dari 2 laga. Sementara Timnas Indonesia U-23 di posisi dua dengan torehan 3 poin dari 1 laga.

Kedua tim dipastikan sama-sama akan tampil ngotot untuk meraih kemenangan. Menariknya suporter dari dua kubu dalam kondisi terbelah. Mereka sama-sama rela siapapun yang akan menang.

Termasuk Timnas Indonesia, 4 Tim Ini Baru Pertama Kali Tembus 16 Besar Piala Asia

Dari pantauan VIVA di media sosial Instagram, sejumlah suporter Indonesia turut menunjukkan kecintaannya terhadap Palestina. Begitupula sebaliknya. Situasi yang cukup unik dalam dunia sepakbola.

Salah satunya terungkap dalam video wawancara relawan Indonesia bernama Muhammad Husein yang sedang mengunjungi Palestina dalam misi pemberian donasi kemanusiaan untuk Palestina.

Cerita Sedih Pemain Timnas Palestina Usai Tembus 16 Besar Piala Asia 2023

Husein mewawancarai sejumlah warga Gaza yang tengah mengisi waktu luang berolahraga sepakbola untuk menanyakan pendapat mereka menjelang pertemuan Indonesia-Palestina.

Meski mayoritas warga Palestina itu memantapkan dukungannya kepada timnas mereka, namun mereka berkomitmen untuk ikhlas menerima kekalahan bila Indonesia menang pada laga besok.

"Kalau Indonesia yang menang, kami akan menerima dengan lapang dada, insya Allah," kata warga Palestina dalam video yang diunggah Muhammad Husein.

Video ini pun mendapat ratusan komentar dari suporter Indonesia. Sebagian dari mereka mengaku tidak ragu jika Indonesia terpaksa kalah dari Palestina.

Pose suporter timnas Indonesia U-23 dengan syal Palestina

"Indonesia atau Palestina menang, bagi saya tetap senang luar biasa. Karena saya cinta indonesia dan cinta Palestina... Love you Palestina......," tulis dendyyusuf_012 mengomentari unggahan @muhammadhusein_gaza.

"Siapapun pemenangnya antara Indonesia vs Palestina kita adalah saudara. Salam Bahagia utk rakyat palestina," tulis Netizen lainnya, @azwar_57.

Indonesia dan Palestina dikenal sebagai dua negara yang memiliki kedekatan emosional. Ini tidak terlepas dari dukungan kedua negara ketika ditimpa masalah di tingkat internasional.

Palestina diketahui merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Sementara Indonesia kerap memberikan dukungan terhadap upaya Palestina merdeka dari penjajahan Israel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya