Derby Lembah Ruhr, Laga Panas yang Menjanjikan Banyak Gol

Pemain Borussia Dortmund merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/@BlackYellow

VIVA – Setelah terhenti dua bulan, Bundesliga kembali digelar esok hari, Sabtu 16 Mei 2020. Sebagai pembuka, ada laga panas Derby Lembah Ruhr antara Borussia Dortmund melawan Schalke 04 di Signal Iduna Park.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Mungkin, laga ini kalah panas dengan derby lain di dunia sepakbola. Seperti Derby Della Madonnina (Inter Milan vs AC Milan) atau Derby Manchester (Manchester United vs Manchester City). Di Bundesliga sendiri, laga ini kalah gaung dibandingkan Der Klassiker (Dortmund vs Bayern Munich).

Namun, tentu saja ada sisi menarik dari laga derby ini. Salah satunya mengenai jumlah gol.

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

(Baca juga: Derby Lembah Ruhr Langsung Panaskan Comeback Bundesliga)

Dilansir berbagai sumber, Dortmund dan Schalke sudah bertemu dalam 155 pertandingan di semua kompetisi. Total ada 532 gol yang diciptakan kedua kesebelasan. Artinya, rata-rata gol yang terjadi di satu laga adalah 3,43 gol.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Salah satu derby tergila terjadi di musim 2017/18. Dortmund sempat unggul 4-0 di babak pertama dalam laga yang berlangsung di Signal Iduna Park, 25 November 2017. Namun, Schalke berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4 jelang akhir pertandingan.

(Baca juga: Sempat Unggul 4 Gol, Dortmund Diimbangi Schalke)

Empat gol Dortmund di babak pertama dicetak oleh Pierre-Emerick Aubameyang (menit 12’), gol bunuh diri Benjamin Stambouli (18’), Mario Goetze (20’) dan Raphael Guerreirro (25’). 

Memasuki babak kedua, tim tamu tampil menekan. Hasilnya empat gol balasan tercipta, masing-masing melalui Guido Burgstaller (61’), Amine Harit (65’), Daniel Caligiuri (86’) dan Naldo (90'+4). 

Jika melihat rekor sepanjang masa, Schalke masih unggul dibandingkan sang rival. Die Koenigsblauen meraih 60 kemenangan, berbanding 52 kemenangan milik Die Schwarzgelben. Sisanya, 43 pertandingan berakhir imbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya